Vol 3 No 10 (2023): Transformasi Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat melalui Inovasi Pembelajaran dan Edukasi Anti-Bullying

					Lihat Vol 3 No 10 (2023): Transformasi Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat melalui Inovasi Pembelajaran dan Edukasi Anti-Bullying

Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan di SD Pasir Sereh melalui dua inisiatif utama: pendampingan dan inovasi metode pembelajaran, serta edukasi bullying untuk mencegah perundungan. Program pendampingan dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan metode kreatif dan interaktif. Edukasi bullying memberikan pemahaman tentang dampak negatif perundungan dan cara pencegahannya melalui sosialisasi dan pelatihan yang melibatkan guru, siswa, dan orang tua.

Hasil menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, pemahaman tentang interaksi sosial yang sehat, dan kesadaran akan dampak bullying. Inovasi pembelajaran meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik dan kolaboratif dalam pendidikan dasar efektif menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan produktif.

Diterbitkan: 2024-04-25

Articles