Revitalisasi Posyandu dalam Peningkatan Kesadaran Kesehatan Masyarakat di Kampung Cikondang Desa Bojonghaleuang

Authors

  • Ahsani Taqwim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dea Sahilla UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eka Widya Kartika Wulan Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arif Nursihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Pemberdayaan Masyarakat, Posyandu, Revitalisasi, SISDAMAS

Abstract

Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam rangka pembangunan kesehatan. Masyarakat Kampung Cikondang Desa Bojonghaleuang dengan kondisi awal posyandu yang disfungsi juga dengan kesadaran kesehatan yang perlu ditingkatkan serta adanya lahan potensial yang dapat dimanfaatkan menjadi sinergi dengan pelaksanaan KKN SISDAMAS Moderasi Beragama tahun 2023. Penelitian dan pengabdian ini  bertujuan untuk menghidupkan kembali peran posyandu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan khususnya ibu dan anak agar dapat menekan angka kematian sekecil mungkin merujuk kepada panduan Kementerian Kesehatan tentang pengelolaan Posyandu. Melalui upaya pengabdian empat siklus yang diselenggarakan pada program pemberdayaan KKN SISDAMAS Moderasi Beragama dari mulai (1) Rembug Warga dan Refleksi Sosial, (2) Pemetaan Sosial dan Pengorganisasian Masyarakat, (3) Perencanaan Partisipatif dan Sinergi Program, serta (4) Pelaksanaan Program dan Monitoring Evaluasi menjadikan pelaksanaan kegiatan Posyandu dapat dilakukan secara terpusat di RW 04 Kampung Cikondang Desa Bojonghaleuang. Dengan adanya Posyandu yang telah berdiri ini diharapkan mampu mewujudkan peningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat serta menjadi sebuah gerakan bersama bagi masyarakat agar terus berdaya dan bersinergi membangun wilayahnya.

References

Amza Lailida, Tarismareta, Affan Al Maududdi, Aulia Wulan Septiani, Efa Lailia Ayu Febriani, Iva Sulistya, dan Septa Katmawanti. 2021. “MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA POSYANDU: LITERATURE REVIEW.” STARWARS: Sport Health Seminar With Real Action, 78–85.

Anwar, Khairil, dan Heri Setiawan. 2018. “ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN BURUH HARIAN TETAP DENGAN BURUH HARIAN LEPAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA BURUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KOTA SUBULUSSALAM.” Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal 1: 73–81.

Happinasari, Ossie, dan Artathi Eka Suryandari. 2016. “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DI KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS.” Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan 7 (2): 81–89. www.akbidbup.ac.id.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kusnawan, Aep, Sarbini, Deni Miharja, dan Akmaliyah. 2023. PETUNJUK TEKNIS KULIAH KERJA NYATA (KKN SISDAMAS) MODERASI BERAGAMA. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019. “Permenkes Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan.”

Mulyadi, Asep, dan E Siswandi Atmaja. 2011. “DAMPAK PENCEMARAN WADUK SAGULING TERHADAP BUDIDAYA IKAN JARING TERAPUNG.” Gea: Jurnal Geografi 11 (2): 179–99.

Nitisusastro, M. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Wulang, Syadia Ade. 2020. “Revitalisasi Sikap Tawadhu’ Santri Kepada Guru di Madin ‘Manba’ul Huda’ Dusun Genukwatu Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.” Kediri: IAIN Kediri.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Taqwim, A., Sahilla, D., Kartika Wulan Sari, E. W., Nuraeni, N., & Nursihah, A. (2024). Revitalisasi Posyandu dalam Peningkatan Kesadaran Kesehatan Masyarakat di Kampung Cikondang Desa Bojonghaleuang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3373

Issue

Section

Articles