Peran Parenting Agama Islam dalam Membangun Karakter Pada Anak di Rumah Qur'an Insan Kamil Desa Gempol Kabupaten Subang

Authors

  • Muhammad Alwi Nurkholiq Sumarsono Mahasiswa
  • Kiki Julianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pebi Nuryaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Parenting, Islam, Anak, Pendidikan, Karakter

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, mememahami, mengimani, bertakwa,
berakhalak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci al-Quran dan al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta
penggunaan pengalaman. Jadi, pembelajaran pendidikan agama Islam ini jika dikaitkan dengan pola asuh merupakan pola interaktif yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, meyakini, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga menciptakan sebuah karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran parenting pendidikan Islam sebagai upaya pembentukan karakter anak di Rumah Qur’an Insan Kamil Desa Gempol Kabupaten Subang. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan model pengumpulan data melalui diskusi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa para orangtua yang berada di Rumah Qur’an Insan Kamil Desa Gempol perlu menanamkan kembali pola asuh Islami di rumahnya masing-masing seperti
menanamkan pendidikan agama Islam sejak dini di Rumah, mengajarkan pola hidup sesuai ajaran Islam sejak dini oleh orangtua, menceritakan kisah para Nabi
dan Rasul, dan memfasilitasi pendidikan anak dengan memasukannya lembaga pendidikan berbasis Islam.

References

Ari Susanto & Rendra Khaldun, ”Parenting Islami Sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak”, dalam Qawwam: Jurnal for Gender Mainstream, Vol. 15, No. 2 (2021), hal 55.

Atik Cimil, Neka Eryani, Devi Rahmayanti, “Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak”, dalam Jurnal Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Vol. 01, No. 01, Universitas Mangkurat Banjarbaru, hlm. 58.

F.L. Whitney, “The Element of Research”, in Asian Eds. Osaka: Overseas Book, 1960, Co.

Heru Kurniawan & Risdianto Hermawan, “Program Parenting Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Lembaga Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Pendidikan Guru Raudlotul Athfal, Vol. 1, No. 1, IAIN Purwokerto, Tahun 2019), hlm 293.

Ismail, Muhammad Ilyas, “Pendidikan Karakter: Suatu Pendekatan Nilai”, Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Koesoema, Doni A, “Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern”, Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Nazir, “Metode Penelitian “, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Oci Melisa Depiyanti, “Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School Bandung)”, dalam Jurnal Tarbawi, No. 1, Vol. 3.

Samrin, “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”, dalam Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9, No. 1 (2016), hal 120.

Syaikh Jamal Abdurrahman. “Islamic Parenting: Pendidikan Anak Metode Nabi”. Malang: Aqwam UIN Maulana Ibrahim Malang, 2010.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sumarsono, M. A. N., Kiki Julianti, & Pebi Nuryaman. (2024). Peran Parenting Agama Islam dalam Membangun Karakter Pada Anak di Rumah Qur’an Insan Kamil Desa Gempol Kabupaten Subang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2458