Agung Sosialisasi Pernikahan Dini di Desa Panyocokan oleh KKN Kelompok 98 untuk Memberikan Edukasi Bahaya Pernikahan Dini

Authors

  • Agung Cahya firdaus Uin sgd bdg
  • Alfiatul Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dara Yuliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meti Maspupah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh salah satu pasangan yang memiliki usia di bawah umur yang biasanya di bawah 17 tahun. melihat banyak nya anak muda sekarang yang ingin menikah di usia muda menyebabkan kelompok kami tergerak untuk membuat program kerja mengenai polemik pernikahan dini. Sesuai dengan tema KKN Sisdamas moderasi beragama UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG maka tujuan dari di adakan nya program ini yaitu untuk memberikan sosialisasi polemik pernikahan mengenai bagaimana meningkatkan kesadaran remaja melalui bahaya pernikahan dini di Desa Panyocokan. Metode yang kami gunakan yaitu dengan mengamati keadaan remaja di Desa Panyocokan kemudian melaksanakan sosialisasi. Kegiatan ini di ikuti oleh remaja desa panyocokan khususnya dusun tiga dan di laksanakan di posyandu Srikandi. Hasil dari penelitian ini memberikan edukasi dari aspek hukum dan psikologi agar remaja dapat mengembangkan diri lebih jauh atas perjalanan kehidupan nya.

References

Aryani, Sindi. “Studibpernikahan Anak Di Bawah Umur Di Era Pandemi Covid-19 Di Desa Kembang Kerang Daya Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.” Universitas Muhammadiyah Semarang, 2021.

Hidayah, Tia Hamimatul. “Dampak Pernikahan Dini Terhadap Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Di Desa Gantimulyo Kec. Pekalongan Kab. Lampung Timur Provinsi Lampung.” Institute Agama Islam Negeri Metro, 2019.

Irmayani. “Problematika Perkawinan Usia Muda Terhadap Keberlangsungan Rumah Tangga (Studi Di Kecamatan Tiroang Kabupaten Tiroang Kabupaten Pinrang).” Institute Agama Islam Negeri Pare-Pare, 2021.

https://bandungkab.go.id/arsip/bedas-sapujagat-cegah-angka-pernikahan-dini-di-kabupaten-bandung.

UU NOMOR 1 TAHUN 1974, n.d.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Cahya firdaus, A., Alfiatul Hasanah, Dara Yuliana, & Meti Maspupah. (2024). Agung Sosialisasi Pernikahan Dini di Desa Panyocokan oleh KKN Kelompok 98 untuk Memberikan Edukasi Bahaya Pernikahan Dini. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2319

Issue

Section

Articles