Peran Mahasiswa KKN dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bandung

Authors

  • Dian Purnomo Purnomo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azmi Khadijah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Luthfi Audry Muftahussalam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabilah Nisa Ul Jannah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

KKN Sisdamas merupakan salah satu KKN yang bertujuan untuk memperdayakan masyarakat, dimana KKN ini diadakan di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung. KKN ini diadakan pada tanggal 11 Juli hingga 19 Agustus 2023. Dimana didalam kegiatan KKN ini terdapat kegiatan mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang terdapat di SDN Nagrak 01 selain itu tujuan lain ialah untuk menambah pengalaman mahasiswa dalam melakukan proses mengajar dan berinteraksi dengan murid di sekolah tersebut. Dalam melakukan penelitian ini kami menggunakan metodologi yang digunakan ialah metode observasi. Dalam metode ini kita mengunjungi sekolah terkait dan menanyakan informasi terkait sekolah tersebut sekaligus menyampaikan tujuan kami untuk melakukan pembelajaran dan pengajaran. Hasil penelitian ini ialah bahwa peran mahasiswa KKN dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Nagrak 01 sangat penting dan dibutuhkan oleh sekolah agar mampu berdaya saing dalam berbagai macam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa mahasiswa KKKN dan pihak sekolah harus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah-sekolah. Kegiatan KKN Sisdamas diharapkan dapat memberikan dampak yang luas dan nyata didalam masyarakat khususnya dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

References

Hamid, Hendrawati. 2018. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Hasugian, dkk. 2023. Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan di Desa Bahjoga Utara. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI. Vol 10. 60-69.

H, Herman dan Amirullah, dkk. 2023. Pendidikan dan Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar No 202 Ka’nea, Desa Sapanang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. HUMANIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 22. 9-13.

Jamaluddin. 2011. Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembeljaran Berbasis Siswa. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. XII No.1, 18-26.

Praptono. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional 2020.

Ramdani, Wahyu. dkk. 2016. Paradigma dan Siklus KKN Sisdamas. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Suprapto. 2006. Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 3, Nomor 1, 34-41.

Metode Pembelajaran Listening. Diakses pada tanggal 11 September 2023 Pada Link: https://www.desa.bahasa.com/p/metodepembelajaran-listeningand.html?=1

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Purnomo, D. P., Azmi Khadijah, Muftahussalam, L. A. ., & Ul Jannah, N. N. (2024). Peran Mahasiswa KKN dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2905

Issue

Section

Articles