Sungai Sejahtera : Menuju Revitalisasi Lingkungan Sungai yang Teratur dan Ramah Lingkungan (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Kelompok 397 Sisdamas di Dusun Pangandangan Desa Rancasari Kec. Pamanukan Kab.Subang)

Authors

  • Ratu Mutiara Tunggal Dewi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayu Sri Wahyuni
  • Brilian Febrianto
  • Tresna Sukma Sopyandi
  • Cecep Nurul Alam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Penyuluhan, Pemberdayaan Masyarakat, Penataan Lingkungan

Abstract

Mahasiswa adalah insan intelektual yang berkecimpung dalam dunia akademik yang kesehariannya bergaul dengan buku, diktat, makalah, diskusi sebagai salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian di Masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pelaksanaan KKN SISDAMAS Moderasi Beragama dilaksanakan oleh kelompok 397 yang bertempat di Dusun Pangadangan RT 18 RW 02 Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang. Mayoritas masyarakat Desa Rancasari yaitu buruh tani, buruh pabrik dan pedagang. Adapun permasalahan yang terdapat di Desa Rancasari ini yaitu mengenai permasalahan lingkungan, perekonomian dan sumber daya manusia. Adapun permasalah yang kelompok kami temukan pada aspek lingkungan yang menjadi masalah paling menonjol di Desa Rancasari ini. Permasalahan lingkungan di Desa Rancasari yaitu adanya penimbunan gallon sekali pakai, masyarakat yang membuang sampah di pinggiran sungai serta petunjuk arah jalan di dalam gang masih minim. Daripada itu tahap pelaksanaan siklus KKN Sisdamas Moderasi Beragama yaitu :

  1. Sosialisasi awal dan Rembug Warga
  2. Pemetaan social
  3. Perencanaan partisipatif
  4. Pelaksanaan program dan monitoring

Upaya mensukseskan program bekerja sama dengan Masyarakat Desa Rancasari  untuk tetap menjaga lingkungan, mencegah erosi dan juga bekas sampah seperti gallon ini bisa di ubah menjadi sebuah pot yang dimana hal ini tentunya untuk memperindah wilayah pinggir sungai.

References

Farhan, Muhammad, M Taufik Lazuardi, Permata Hati, and Sri Indrani. 2021. “Tantangan Dan Peluang Melaksanakan KKN DR Berbasis Pengabdian Dan Pemberdayaan Di Desa Sinaman 2 Pada Masa Pandemi Covid 19.”

Fikri, Saeful et al. 2022. “Ecobrick Sebagai Solusi Menangani Sampah Bagi.” 2(3).

Zaki, A H, H Z Nufus, and ... 2021. “… Masyarakat Kampung Tanjung Kait, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang Terhadap Sampah Melalui Penyuluhan Dengan Kemitraan ….” Proceedings … (November). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/129%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/129/93

Mukarom, Zaenal dan Rohmanur Aziz. 2023. “Riset Aksi.”

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Ratu Mutiara Tunggal Dewi, Ayu Sri Wahyuni, Brilian Febrianto, Tresna Sukma Sopyandi, & Cecep Nurul Alam. (2024). Sungai Sejahtera : Menuju Revitalisasi Lingkungan Sungai yang Teratur dan Ramah Lingkungan (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Kelompok 397 Sisdamas di Dusun Pangandangan Desa Rancasari Kec. Pamanukan Kab.Subang). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2904

Issue

Section

Articles