Pemberdayaan Masyarakat Desa Bojonghaleuang dalam Pengelolaan Sampah Melalui Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Berwawasan Lingkungan.

Authors

  • Firman Maulana UIN Sunan Gunung Djati
  • Arif Nursihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alifah Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lukman Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengelolaan, Penyuluhan, Sampah

Abstract

Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di wilayah Dusun Satu, Desa Bojonghaleuang dalam melakukan pengelolaan sampah melalui pemrosesan akhir yang berwawasan lingkungan. Kegiatan penelitian dan pengabdian dilaksanakan melalui metode focus group discussion, penyuluhan dan pembagian trash bag, serta pengangkutan sampah, evaluasi kegiatan, dan pelaporan kegiatan. Partisipasi dan antusiasme perwakilan masing-masing RT, RW, maupun Karang Taruna setempat dalam kegiatan sangat baik untuk berkontribusi aktif dalam pengadaan kegiatan pengelolaan serta aktif berbagi pengalaman, wawasan, dan pengetahuan dalam mengelola sampah. Dampak dari kegiatan penyuluhan, masyarakat menyadari akan pentingnya mengelola sampah yang baik secara bertahap serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga diharapkan pengelolaan sampah di wilayah Dusun Satu, Desa Bojonghaleuang dapat dikendalikan dengan baik. Kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah di wilayah Dusun Satu, Desa Bojonghaleuang ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan.

References

Fadhilah, Sugianto, Hadi Firmandhani, Murtini Pandelaki. 2011. Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Wilson, Waste. 2021. “Integrated Sustainable Waste Management in Developing Countries.” Journal Waste and Resource Management 52-68.

Muchtar Ahmad, Asna Aneta, Djoko L Radji. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembentukan dan Pengelolaan Bank Sampah di Desa Buba, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo.” http://lpm.ung.ac.id 17.

Nabila Zahra Nur Aminah, Adina Muliawati. 2021. “Pengelolaan Sampah dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan (Waste Management in the Context of Waste Management).” https://hmgp.geo.ugm.ac.id/author/hmgp-geo/ 27.

Pamme, United Nations Environment. 2015. “Global Waste Management Outlook. (T. Cannon, Ed.) Austria: International Solid Waste Association.” https://www.journal.unep.org/resources/ 166.

Sahil. 2016. “Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah di Kelurahan Dufa Kota Ternate.” Jurnal Bioedukasi 42.

Susantiningrum, Erika Dhantylistyanti Ariyanti, M. Mumtazul Fikri Nurfiansyah, Nadya Elvira. 2021. “Penyuluhan Pemilahan Sampah melalui Program KKN.” journal.kkn.uns.gel3.2021 8.

Suwerda, Bambang. 2012. Bank Sampah (Kajian Teori dan Penerapan). Yogyakarta: CV. Rihama-Rohima.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Maulana, F., Arif Nursihah, Alifah Azzahra, & Lukman Hakim. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Bojonghaleuang dalam Pengelolaan Sampah Melalui Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Berwawasan Lingkungan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3279

Issue

Section

Articles