Peningkatan Literasi Digital Anak SD Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN): Pembelajaran Microsoft Word di Desa Jagabaya

Authors

  • Muhammad Ribhiansyah Department of Informatics UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Gani Fatur Rozak Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rizki Syogian Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Husni Rofiq Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Jagabaya, Microsoft Word, KKN, Program, Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari semakin mendominasi, bahkan di kalangan anak-anak SD. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan teknologi yang kuat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu upaya untuk mencapai tujuan ini. Artikel ini membahas implementasi KKN dalam pembelajaran Microsoft Word kepada anak-anak kelas 6 SDN 01 Jagabaya, Desa Jagabaya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada tanggal 16 Agustus 2023. Materi pelajaran mencakup pengenalan Microsoft Word, memformat teks, menggunakan gambar, membuat daftar dengan gaya berbeda, dan penggunaan tabel. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan menggunakan Microsoft Word oleh anak-anak SD tersebut.

The use of technology in everyday life is increasingly dominat, even among elementary school children. Therefore, it is important to prepare the younger generation with strong technology skills. The Real Work Lecture Program (KKN) is one effort to achieve this goal. This article discusses the implementation of KKN in learning Microsoft Word for grade 6 children at SDN 01 Jagabaya, Jagabaya Village, Cimaung District, Bandung Regency on August 16 2023. Lesson material includes an introduction to Microsoft Word, formatting text, using images, making lists with different styles, and the use of tables. The results show a significant increase in understanding and skills in using Microsoft Word among these elementary school children.

References

Brookhart, Susan M., and Anthony J. Nitko. 2011. “STRATEGIES FOR CONSTRUCTING ASSESMENTS OF HIGHER ORDER THINKING SKILLS.”

Gronlund, Norman Edward. 2006. “Assessment of Student Achievement.”

Mayer, Richard E. 2009. “Multimedia Learning, 2nd Ed.”

Mousavi, Seyed Yaghoub, Renae Low, and John Sweller. 1995. “Reducing Cognitive Load by Mixing Auditory and Visual Presentation Modes.”

Sulaeman, Eman, Ahmad Asmuni, and Septi Gumiandari. 2021. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka Eman Sulaeman, Ahmad Asmuni, Dan Septi Gumandari.”

Wiggins, Grant, and Jay McTighe. 2005. “Understanding by Design (2nd Ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development ASCD.”

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Ribhiansyah, M., Muhammad Gani Fatur Rozak, Muhammad Rizki Syogian, & Husni Rofiq. (2024). Peningkatan Literasi Digital Anak SD Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN): Pembelajaran Microsoft Word di Desa Jagabaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2898

Issue

Section

Articles