Analisis Kinerja Keuangan Pra Koperasi Sawargi Desa Ciluncat Dalam Basis Konvensional Menurut Perspektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Septi Rizky Yumaldin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Chintia Nurazmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aprilia Hanifah Kurnia Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aprilia Hanifah Kurnia Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kinerja Keuangan, Prakoperasi, Ekonomi Syariah

Abstract

Manusia sebagai homo economicus senantiasa selalu merasa kurang dan tidak puas pada pencapaiannya dalam memenuhi kebutuhan yang selalu bertambah. Untuk menutupi kekurangan tersebut upaya mencari penghasilan tambahan hingga mengandalkan pinjaman berbunga dilakukan hanya untuk tercapainya kepuasan semata. Kondisi berikut umum ditemukan pada masyarakat menengah bawah yang terdampak miskin ekstrem layaknya yang terjadi pada warga RW 07 Desa Ciluncat. Sebagai solusi atas hal tersebut, beberapa tokoh masyarakat berinisiatif mendirikan kelompok koperasi sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga. Namun, berdasarkan pengamatan diketahui bahwa saat ini koperasi yang dijalankan warga RW 07 masih menggunakan sistem konvensional, hal ini terlihat dari penggunaan akad dan produk yang disajikan koperasi tersebut. Selaku agent of change kami ingin mengamati bagaimana  kinerja keuangan koperasi tersebut yang menggunakan sistem konvensional berdasarkan perspektif ekonomi syariah. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh berdasarkan wawancara, observasi, catatan lapangan, serta dokumentasi pribadi dan juga dibantu dengan pendekatan pola pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (SISDAMAS) dari LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurut istinbath hukum, koperasi yang dioperasikan RW 07 masih sesuai dengan syariat agama mengingat tidak ada kedzaliman dan pemerasan yang terjadi didalamnya serta adanya transparansi dalam pengelolaan dan pembagian keuntungan antar anggota.

References

Buku

Abidin Ikhwan Basri. 2007. Menguak Pemikiran Ekonomi Ulama Klasik. Jakarta: Aqwam.

Antonio, Muhammad Syafii. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Tazkia Cendekia, 2010.

Komaruddin. Uang di Negara Sedang Berkembang. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Moelong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Syafii Jafri. Fiqih Muamalah. Pekanbaru: Suska Press, 2008.

Jurnal

Arifianto,Himawan. "Peran koperasi simpan pinjam dan efektivitas kredit dalam meningkatkan kesejahteraan anggota". Jurnal ilmiah fakultas ekonomi dan bisnis. (2015): 6-7.

Hamzah,Imron. "Koperasi dalam Hukum Perspektif Islam." Jurnal Kajian Hukum Islam, Vol. XI No. 1 (Juni, 2017): 106-107.

Humaeroh, Humaeroh. "Eksistensi Syirkah Ta'awuniyah dalam Perspektif Hukum Islam". Jurnal Hukum Ekonomi Syari'ah, Vol. 9 No.2 (2017): 20.

Hutagalung, Muhammad, Sarmiana Batubara. "Peran koperasi syariah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 7(03) (2021): 4-5.

Norvadewi. “Tinjauan Syariah terhadap Badan Hukum Koperasi untuk Baitul Mal Wat Tamwil (BMT)”. Jurnal ilmiah MAZAHIB, Vol. IV, No. 2 (2007).

Subur, Nurmaulidah. “Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pelayanan Koperasi Berkat di Kota Palopo”. Skripsi. Sulawesi Selatan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo (2017): 59-63.

Internet

Beik, Irfan Syauqi. Biaya Administrasi Lembaga Keuangan Syariah Termasuk Riba?. https://sharia.republika.co.id/berita/139258/biaya-administrasi-lembaga-keuangan-syariah-termasuk-riba (diakses pada 11 Agustus 2023).

Chandra, Ellen. 5 Perbedaan Koperasi Syariah dan Konvensional. https://www.finansialku.com/koperasi-konvensional-vs-syariah/ (diakses pada 8 Agusutus 2023).

Khasanah, Uswatun. Impostor Syndrome: Apa itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya. https://myedusolve.com/id/blog/impostor-syndrome-apa-itu-dan-bagaimana-cara-mengatasinya (diakses pada 3 Agustus 2023).

Noto, Andre. Cari tahu bedanya simpanan pokok, wajib, dan sukarela. https://www.kopkarubaya.com/2019/07/cari-tahu-bedanya-simpanan-pokok-wajib-dan-sukarela/ (diakses pada 6 Agustus 2023).

Putri, Aulia Mutiara Hatia. Negara Dengan Umat Muslim Terbanyak Dunia, RI Nomor Berapa?. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230328043319-128-424953/negara-dengan-umat-muslim-terbanyak-dunia-ri-nomor-berapa (diakses pada 8 Agustus 2023)

Qarib, Muhammad. Teologi Cinta Implementasi Doktrin Islam di Ruang Publik. https://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasiilmiah/index (diakses pada 3 Agustus 2023).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Yumaldin , S. R. ., Chintia Nurazmi, Aprilia Hanifah Kurnia Setiawan, & Aprilia Hanifah Kurnia Setiawan. (2024). Analisis Kinerja Keuangan Pra Koperasi Sawargi Desa Ciluncat Dalam Basis Konvensional Menurut Perspektif Ekonomi Syariah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3265

Issue

Section

Articles