Proses Pengolahan Sampah Dengan Memberdayakan Hewan Maggot di Bank Sampah Tematik RW 08 Desa Cikalong

Authors

  • Rahmiati Muhidin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Tegar Heidar Gunawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifan Jayanegara UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Maggot, lingkungan, sSampah organik, pengolahan.

Abstract

Lingkungan menjadi salah satu hal terpenting bagi masyarakat, kita akan selalu berdampingan dengan lingkungan, maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya lalu memilah sampah dengan baik. Sampah organik menjadi salah satu masalah di lingkungan rumah tangga, maka dari itu budidaya maggot menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Maggot adalah bayi larva lalat, black soldier fly yang mampu menguraikan sampah organik dengan sangat cepat dalam jumlah yang besar. Black Soldier Fly (BSF) sering disebut maggot Black Soldier Fly BSF. Lalat BSF sendiri memiliki nama latin Hermetia illucens. Manggot bermanfaat untuk mereduksi sampah organik, maggot juga mempunyai nilai ekonomis, yaitu dapat menjadi sumber pakan ternak dan pupuk. Maggot mengandung protein yang tinggi dan kandungan gizi yang baik untuk pakan ikan dan unggas. Cara pengolahan sampah yang diuraikan oleh maggot yaitu dengan memilah milih sampah organik dan anorganik, lalu sampah organik tersebut diberikan kepada maggot untuk diuraikan, kemudian maggot tersebut dapat menjadi nilai ekonomis dengan menjualnya sebagai pakan ternak dan unggas. Tujuan dari kegiatan pengolahan sampah ini agar sampah rumah tangga yang dihasilkan  seperti sampah sisa-sisa sayuran, makanan dan sampah popok bayi dapat diuraikan atau diproses oleh hewan maggot sehingga dapat mengurangi sampah organik di lingkungan RW  08 Desa Cikalong. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif, dengan cara mewawancarai penggiat lingkungan di RW 08. Hasil dari bubidaya maggot ini selain mengurangi sampah organik juga dapat memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Diharapkan budidaya maggot ini dapat diterapkan kepada warga Masyarakat RW 08 sehingga dapat meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan sekitar.

Kata Kunci : Maggot, lingkungan, sampah organik, pengolahan.

References

Rukmini, Piyantina. "Pengolahan sampah organik untuk budidaya maggot black soldier fly (BSF)." Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020. Vol. 1. No. 1. 2020.

Mabruroh, Mabruroh, et al. "Pengolahan Sampah Organik Melalui Budidaya Maggot Bsf Organic Waste Processing Through Bsf Maggot Cultivation." Jurnal Empati (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti) 3.1 (2022): 34-37.

Dewi, Rozanna, and Novi Sylvia. "Pengelolaan Sampah Organik Untuk Produksi Maggot Sebagai Upaya Menekan Biaya Pakan Pada Petani Budidaya Ikan Air Tawar." Jurnal Malikussaleh Mengabdi 1.1 (2022): 11-20.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Muhidin, R. ., Gunawan, M. T. H., & Jayanegara, R. (2024). Proses Pengolahan Sampah Dengan Memberdayakan Hewan Maggot di Bank Sampah Tematik RW 08 Desa Cikalong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3366

Issue

Section

Articles