Hubungan Religiusitas dengan Tingkat Produktivitas Masyarakat Sukajadi RW 03 Desa Sugihmukti Kecamatan Pasir Jambu

Authors

  • Tafani Alya Rabbani UIN SGD Bandung
  • Asma Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erma Rohmatussaadah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sofiatul Munawaroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Toneng Listiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Produktivitas, Religiusitas, Masyarakat

Abstract

Desa Sugihmukti adalah desa yang terletak di ujung Selatan Kecamatan Pasir Jambu termasuk kedalam salah satu sub unit Kerja KKN Reguler Sisdamas tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara rinci tentang hubungan religiusitas dengan tingkat produktivitas Masyarakat di RW 03 Desa Sugihmukti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa wawancara dan observasi dengan beberapa pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Di Desa Sugihmukti mayoritas masyarakat mata pencaharian nya yaitu Berkebun, namun sebagian masyarakat di Desa Sugihmukti khususnya di RW O3 Sukajadi ada juga yang mata pencahariannya sebagai wirausahawan salah satunya RSBerry dan Manisan Labu hal tersebut membuktikan bahwa tingkat produktivitas di RW 03 Sukajadi di bidang UMKM itu berkembang. Selain daripada itu masyarakatnya pun rutin mengadakan pengajian di Masjid dan bertawsulan di bale sawala hal ini mengingatkan kan masyarakat sesibuknya kita berkerja tetapi tidak lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah diberi nya kepada Kita. Hal ini sangat berhubungan antara kegiatan masyarakat (produktivitas) dan Religiusitas. 

References

Ahmad, J. (2020). Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan. Yogyakarta: Deepublish.

Amir, Y. &. ((2016)). Religiusitas dan spiritualitas: Konsep yang sama atau berbeda. . Jurnal ilmiah penelitian psikologi: kajian empiris & non-empiris, , 2(2), 67-73.

Fitriana, N. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pad CV. RJM Rumbio Jaya Mandiri. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaw.

Rachmawati, I. N. ((2007)). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. . Jurnal Keperawatan Indonesia,, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184.

Sahir, S. H. ( 2022). Metodologi Penelitian. Medan : KBM Indonesia.

Sugihmukti. (2023). Retrieved from Website Resmi Desa Sugihmukti: https://www.sugihmukti.desa.id/first

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Rabbani, T. A., Asma Fauziah, Erma Rohmatussaadah, Nurul Mulyani, Sofiatul Munawaroh, & Toneng Listiani. (2024). Hubungan Religiusitas dengan Tingkat Produktivitas Masyarakat Sukajadi RW 03 Desa Sugihmukti Kecamatan Pasir Jambu . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3234

Issue

Section

Articles