Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di SD Pasir Sereh

Authors

  • Jihan Annisaa Adilah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Muhammad Fayadh Dzabihullah Attamimy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khilda Shofia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Busro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Peran Orangtua, Anak, SD Pasir Sereh

Abstract

Penelitian ini dikaji karena adanya permasalahan pendidikan di RW. 08 Desa Campakamulya. Permasalahan yang terjadi di warga RW. 08 Desa Campakamulya adalah minimnya kesadaran tentang pentingnya pendidikan terlihat dari latar belakang Pendidikan yang hanya sampai tingkat SD-SMP. Dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Pendidikan mengenai Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di SD Pasir Sereh ini merupakan salah satu solusi bagi permasalahan yang terjadi di RW. 08 Desa Campakamulya. Penelitian ini bertujuan memberikan edukasi bagi orang tua terkait pentingnya Pendidikan sekaligus peran orang tua dalam Pendidikan anak dan untuk mengetahui efektivitas sosialisasi Pendidikan. Metode pengabdian yang dilakukan adalah sosialisasi yang didalamnya dilakukan juga observasi. Hasil yang didapat adalah orang tua menjadi paham dan terbuka pemikirannya mengenai penting nya Pendidikan juga dibutuhkan peran orang tua dalam Pendidikan anak.  Orang tua harus mendampingi anaknya dan memberikan kesempatan bagi anak untuk mulai bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan ikut berperan dalam kehidupan bermasyarakat. tentang peran dan cara orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan fitrahnya ini masih relevan dengan pendidikan dalam keluarga saat ini. Ini sebagai upaya untuk melaksanakan pendidikan dalam keluarga yang memberikan kebebasan kepada anak agar potensi anak dapat berkembang dan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya karena sejatinya Pendidikan tidak hanya disekolah saja namun Pendidikan harus dilakukan di rumah. Selain itu, pihak sekolah dan orang tua akan membuat kegiatan rutinan untuk selalu berdiskusi agar Pendidikan anak di SD Pasir Sereh selalu berkembang dengan baik.

References

Baso, Budiman. 2022. “Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Media Sosial pada Anak Usia Dini.” JUPEMAS: Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat 21-27.

BP, Abd Rahman. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1-8.

Depdiknas. 2003. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Epstein, J. L. 2001. School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder: Westview Press.

Grolnick, W. S., & Slowiaczek, M. L. (1994). “Parents' Involvement in Children's Schooling: A Multidimensional Conceptualization and Motivational Model.” Child Development 65 (1): 237-252.

Hanipah, Sri. 2022. “Sosialisasi Terhadap Orang Tua Pentingnya Pendidikan bagi Anak di Lingkungan RT. 08 Kelurahan Mandala Merauke.” Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global 1 (3): 1-8.

Hoover-Dempsey, K. V., & Sandler, H. M. 1997. “Why Do Parents Become Involved in Their Children's Education?” Review of Educational Research 67 (1): 3-42.

Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. . Alexandria: ASCD.

Pressley, M., & McCormick, C. B. 2007. Child and Adolescent Development for Educators. New York: Guilford Press.

Santrock, J. W. 2011. Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Adilah, J. A., Attamimy, M. F. D., Shofia, K., & Busro. (2024). Sosialisasi Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di SD Pasir Sereh. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3184

Issue

Section

Articles