Penguatan Ideologi Pancasila dan Moderasi Beragama pada Tingkat MA Melalui Penyuluhan di Kampung Batusari

Authors

  • Sinta Nur Alifia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Windy Nur Fitriani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurhasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sidik Marjanul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Sofyan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Penguatan, Ideologi, Moderasi Beragama

Abstract

Seiring dengan perkembangan masyarakat global yang mana semakin kompetitif, realitas yang terjadi proses filtrasi terhadap budaya asing tidak sesuai dengan sistem hukum di indonesia, sehingga kurangnya pemahaman para siswa terhadap ideologi dan moderasi beragama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguatkan pemahaman siswa mengenai ideologi pancasila dan moderasi beragama yang dilakukan melalui penyuluhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode SL atau Service Learning. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap siswa MA mengenai perspektif siswa dalam keserasian sistem hukum dengan ajaran agama islam menunjukan bahwa 91% siswa/i menyatakan bahwa sistem hukum di indonesia tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam. Mengenai perspektif siswa dalam perubahan sistem hukum dengan ajaran agama islam, hasil penelitian menunjukan sebanyak 52% dari mereka hanya menuntut penyempurnaan saja dari pada sistem hukum sekarang.

References

Dardji Darmodihardjo & Shidarta, Penjabaran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sistem Hukum Indonesia, PT. Raja Grafindo Persada, 1998.

Ilhami Bisri, Sistem Hukum Indonesia : Prinsip-Prinsip Dan Implementasi Hukum DiIndonesia, PT. Rajawali Pers, Jakarta, 2008.

Titon Slamat Kurnia, Pengantar Sistem Hukum Indonesia, Alumni Bandung, 2009.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Alifia, S. N. ., Fitriani, W. N. ., Nurhasanah, Firdaus, S. M. ., & Sofyan, M. . (2024). Penguatan Ideologi Pancasila dan Moderasi Beragama pada Tingkat MA Melalui Penyuluhan di Kampung Batusari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3228

Issue

Section

Articles