Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Purbasari Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru

Authors

  • Muhammad Yusuf Bachtiar UIN SGD Bandung
  • FitriaNada Rohmah Uin SGD Bandung
  • Aulia Nurhasanah Uin SGD Bandung
  • Agus Joharudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mutu pendidikan, Pengembangan, Profesionalisme guru

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas kompetensi utama dan solusi pemberian solusi Program pelatihan profesional bagi guru khususnya di era IR 4.0. Alasannya penting merupakan bagian dari sistem pendidikan karena penting untuk meningkatkan kualitas seseorang. Sumber. Selain itu, tuntutan pengembangan profesional guru semakin meningkat mencapai kemajuan teknologi khususnya Revolusi Industri 4.0 (IR 4.0). Sayangnya, ternyata guru mempunyai banyak permasalahan.

Profesi guru adalah pekerjaan yang mulia. Etika dan prinsip profesi dalam melaksanakan tugasnya Kegiatan belajar mengajar siswa. Guru merencanakan Industri untuk memperkuat bangsa. Guru mempunyai hukum keadilan bagi profesi guru yang tujuannya adalah melindungi kehormatan usaha guru. Tugas utama seorang guru adalah mendidik murid-muridnya tentang kehidupan bangsa dengan segala aspeknya, ruh, hati, akal dan ummat Pribadi. Guru diharapkan mampu membangun karakter pada diri siswa yang menanamkan nilai-nilai motivasi yang besar dalam pendidikan karakter (CAR), singkatan dari Agama, Suku, Kemerdekaan, Persatuan dan Kebenaran dalam seluruh ajarannya.

References

Aeni, A. (2019). Persepsi Guru SD dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia.

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd : Jurnal Pendidikan Agama, 100-120.

Anggraeni, O. E. (2012). Profesionalisme guru geografi tersertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah menengah pertama negeri surakarta tahun 2011.

Budiati, H. (t.thn.). Lesson Study for Learning Community Sebagai Alternatif Meningkatkan Pedagogical Content Knowledge Guru Profesional.

Damayanti, M. U. (2021). Permasalahan dan Soulasi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru.

Dewi, N. W. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Pendidikan yang Lebih Baik. 3.

Erwinsyah, A. (2017). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KUALITAS GURU. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Fitri, A. F. (2022). Profesi Keguruan Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 241.

Mas, S. R. (2008). PROFESIONALITAS GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN.

Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru. Jurnal Pendidikan Islam.

Sumantri. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. E-HIKMAH : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 146-167.

Wijaya, I. (2018). Professional teacher : menjadi guru profesional. CV Jejak.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Bachtiar, M. Y., Rohmah , F., Nurhasanah , A. ., & Agus Joharudin. (2024). Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Purbasari Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2907

Issue

Section

Articles