Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Dusun Sukaenok Melalui Pelaksanaan Perlombaan Tahfidz Qur’an Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Elis Syarifah UIN Sunan Gunung Djati
  • Adelia UIN Sunan Gunung Djati
  • Gita Cita Pertiwi UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Sukaenok, Pengabdian, KKN, Lomba Tahfidz

Abstract

Pengaruh globalisasi mendorong generasi penerus kedepannya untuk bisa menguasai teknologi, namun keseimbangan pengetahuan mengenai ilmu agama serta pemahaman Al-Qur’an juga termasuk sebagai salah satu pedoman dalam pembangunan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatkan dan memperkuat pengetahuan ilmu agama islam anak-anak dusun Sukaenok pada nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an dengan melalui pelaksanaan kegiatan perlombaan tahfidz qur’an, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu melakukan sosialisasi terhadap mitra kegiatan, perencanaan kegiatan serta pelaksanaan kegiatan. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu Anak-anak semangat dalam mengikuti lomba tahfidz Al-Qur’an dilihat dari antusias nya serta kehadiran orang tua dan Masyarakat yang ikut serta menonton perlombaan, selain itu melalui lomba ini anak anak bisa mempelajari ilmu yang terkandung di dalamya dengan pemberian apresiasi melalui kegiatan perlombaan yang dilaksanakan. Sehingga disimpulkan bahwa motivasi anak anak sudah meningkat hanya saja perlu dukungan dan perhatian penuh dari semua kalangan termasuk orang tua dan Masyarakat, agar mereka bisa ikut serta melatih anak-anak menjadi penghafal Al-Qur’an dan mendapatkan Pendidikan Islam yang baik.

References

Alamin, Fatahhillah Abdurrahman Bin Auf, and Nurul Latifatul Inayati. 2020. “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Sragen.” Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices 4 (2): 316–30.

Fatah, Ahmad. 2014. “Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Qur’an.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9 (2).

Rahman, Abd, and Nanda Fitriani. 2023. “Pelaksanaan Program Liga Tahfiz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15 (1): 133–44.

Sutisna, Endang. 2023. Evaluasi Program Tahfiz Al-Qur’an. Publica Indonesia Utama.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Syarifah, E., Adelia, & Pertiwi, G. C. (2024). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Dusun Sukaenok Melalui Pelaksanaan Perlombaan Tahfidz Qur’an Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3230

Issue

Section

Articles