Strategi Pembelajaran dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Melalui Pembisaan di MI Muslimin Ciririp dan SMP YPII Cililin Desa Mukapayung
Keywords:
Mengajar, Pembiasaan, MukapayungAbstract
Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Mukapayung RW 04, Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat adalah kurangnya edukasi kepada para pserta didik dalam menanamkan nilai-nilai islam, oleh karena itu diterapkan metode pembiasaan potensi agar terbentuk karakter islami. Beberapa upaya penulis agar terlaksananya program tersebut adalah :1) Untuk membantu proses belajar mengajar; 2) Untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak baik, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari mengajar adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dan juga dapat membantu dan menggantikan guru yang berhalangan hadir. Serta membantu peserta didik dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.
References
Ansori, R. A. M. (2017). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka, 4(2), 14-32.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Daradjat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang
Et, Al, Olivia. (2017). Sikap Religius Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1),7-9.
Fadlillah, Muhammad dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fauzi, Muhammad. 2016. Jurnal Pendidikan Al-Ibrah vol. 1 no. 1.
Muhammad, I., & Septiawan, S. (2021). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sultra Elementary School, 2(2), 139-148.
Nata, Abuddin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Gaya Media Pratama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Athaya Farah Nursyahla, Aeni Salsabila, Putri Tsani Sayidah Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.