Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bojongsari
Kata Kunci:
Belajar, Motivasi, PandemiAbstrak
Pada masa pandemi seperti ini, Desa Bojongsari tetap melakukan kegiatan tatap muka dengan pembatasan sosial atau melakukan pengombinasian antara kegiatan luring dan daring di beberapa kegiatan khususnya kegiatan pendidikan. Setelah diadakannya survei ke beberapa lokasi, ternyata kualitas pendidikan yang berada di sana masih kurang. Maka dari itu, penulis melakukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar yang tentunya dapat membantu siswa. Metode yang digunakan yaitu melakukan refleksi sosial terlebih dahulu, kemudian mengidentifikasi masalah, lalu merancang program dan melaksanakan program tersebut. Evaluasi yang dilakukan adalah berdiskusi agar program selanjutnya memberikan hasil yang terbaik. Hasil dari upaya yang dilakukan penulis agar meningkatkan motivasi belajar siswa tentu membuahkan hasil yang baik dilihat dari antusiasme yang diberikan oleh siswa. Pemberian stimulus yang dilakukan membuat siswa menjadi semakin aktif dan mampu mengeksplorasi pembelajaran dengan baik tanpa menimbulkan kejenuhan berlebih serta membuat siswa mau belajar lebih baik lagi.
Referensi
Prayitno. (2009). “Dasar Teori dan Praksis Pendidikan”. Jakarta: Grasindo.
Bukhari. (2008). “Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual”. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman XII(2)
Asyura, S. (2014). “Penerapan Media Power point berbasis Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 2 Banda Aceh”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala.
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian- motivasi-menurut-para-ahli/ diakses pada tanggal 15 September 2021 pukul 10.24 WIB
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Mukhtar Natsir
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.