Analisis Strategi Pemasaran Singkong Untuk Meningkatkan Produktivitas Sumber Daya Daerah (Studi Kasus Rw 12 Sekejengkol)

Penulis

  • Aditya Rifqi N Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Asyifa Rakhimannisa Manajemen Kauangan syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Carissa Aulia R Manajemen Keungan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati
  • M Fauzan Nurhadi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Naufal M Fayyadh Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Rully Agung Yudhiantara Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Marketing, E-Commerce, Singkong

Abstrak

Ekonomi merupakan salah satu aspek yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Dengan adanya aspek ekonomi, manusia dapat terus bertahan hidup dengan pengelolaan sumber daya alam ataupun sumber daya manusia yang dikelola secara baik dan benar sesuai dengan kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Di era globalisasi saat ini, sistem perekonomian dunia sudah semakin maju dengan menerapkan sistem digitalisasi. Dalam aspek ekonomi, saat ini sudah mulai marak market place dalam bentuk e-commerce seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll. Hal ini dapat membantu mempermudah dan juga memperlancar kegiatan ekonomi secara lebih efektif dan efisien. Marketing dalam kegiatan ekonomi menjadi kunci utama dalam memperkenalkan produk, dan menjual produk guna memperoleh keuntungan yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengabdian yang dilakukan oleh Mahasiswa/i UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kp. Sekejengkol RW. 12 dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dilihat dari segi ekonomi nya ini mengutamakan sumber daya alam yang mengedepankan ‘singkong’ sebagai bahan dasar utama yang dapat dikelola dan dikembangkan untuk dapat menghasilkan pemasukan dan menjadi sumber kehidupan. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan ini adalah memberikan pemahaman terhadap warga tentang digital marketing, cara memasarkan produk secara menarik, penggunaan e-commerce, dan juga keterbukaan pemikiran untuk kemajuan ekonomi melalui pengelolaan yang lebih maju seiring dengan kemajuan dan perkembangan ekonomi yang ada.

Referensi

Rahman, A, Fauzi, M, M Suyono, A. 2021. ‘Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung’. Al-Khidmat:Jurnal Ilmiah Pengembangan Masyarakat Vol 4.

Swasta, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. Penerjemah Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Charles E, Bamfor. 2010. Strategy: Suistanable Advance and Performance. Canada: South Western Cencage Learning.

Tina, Yuniarti. (2009). Fungsi dan Pentingnya Pertanyaan. Prosiding (online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/7023/1/output.pdf

Supriadi Harahap. 2020. Strategi pemasaran Kripik Singkong (Studi Kasus: Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang). Skripsi S1 Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Rifqi N, A. ., Rakhimannisa , A. ., Aulia R , C. ., Nurhadi , M. F., Fayyadh , N. M. . ., & Yudhiantara, R. A. . (2022). Analisis Strategi Pemasaran Singkong Untuk Meningkatkan Produktivitas Sumber Daya Daerah (Studi Kasus Rw 12 Sekejengkol). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 112–126. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/901

Terbitan

Bagian

Articles