Analisis Strategi Pemasaran Singkong Untuk Meningkatkan Produktivitas Sumber Daya Daerah (Studi Kasus Rw 12 Sekejengkol)
Keywords:
Marketing, E-Commerce, SingkongAbstract
Ekonomi merupakan salah satu aspek yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Dengan adanya aspek ekonomi, manusia dapat terus bertahan hidup dengan pengelolaan sumber daya alam ataupun sumber daya manusia yang dikelola secara baik dan benar sesuai dengan kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Di era globalisasi saat ini, sistem perekonomian dunia sudah semakin maju dengan menerapkan sistem digitalisasi. Dalam aspek ekonomi, saat ini sudah mulai marak market place dalam bentuk e-commerce seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll. Hal ini dapat membantu mempermudah dan juga memperlancar kegiatan ekonomi secara lebih efektif dan efisien. Marketing dalam kegiatan ekonomi menjadi kunci utama dalam memperkenalkan produk, dan menjual produk guna memperoleh keuntungan yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengabdian yang dilakukan oleh Mahasiswa/i UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kp. Sekejengkol RW. 12 dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dilihat dari segi ekonomi nya ini mengutamakan sumber daya alam yang mengedepankan ‘singkong’ sebagai bahan dasar utama yang dapat dikelola dan dikembangkan untuk dapat menghasilkan pemasukan dan menjadi sumber kehidupan. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan ini adalah memberikan pemahaman terhadap warga tentang digital marketing, cara memasarkan produk secara menarik, penggunaan e-commerce, dan juga keterbukaan pemikiran untuk kemajuan ekonomi melalui pengelolaan yang lebih maju seiring dengan kemajuan dan perkembangan ekonomi yang ada.
References
Rahman, A, Fauzi, M, M Suyono, A. 2021. ‘Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung’. Al-Khidmat:Jurnal Ilmiah Pengembangan Masyarakat Vol 4.
Swasta, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. Penerjemah Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Charles E, Bamfor. 2010. Strategy: Suistanable Advance and Performance. Canada: South Western Cencage Learning.
Tina, Yuniarti. (2009). Fungsi dan Pentingnya Pertanyaan. Prosiding (online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/7023/1/output.pdf
Supriadi Harahap. 2020. Strategi pemasaran Kripik Singkong (Studi Kasus: Industri Rumah Tangga Cap Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang). Skripsi S1 Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aditya Rifqi N
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.