Optimalisasi Komunikasi Pemenuhan Hak Pendidikan Spiritual Anak di TPQ Darul Khairat Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur
Kata Kunci:
Life skills, sosialisasi, edukasi, desainAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan sebagai wujud dharma bakti mahasiswa. Sebagai orang yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah, mahasiswa yang telah mendapat ilmu untuk mempraktikkan ilmunya ke masyarakat. Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan KKN dilakukan dari rumah atau yang disingkat menjadi KKN-DR. Melalui kegiatan KKN, mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generative berupa life skills (kecakapan/keterampilan hidup) dan pengalaman bagaimana menghadapi masyarakat. Tujuan KKN ini antara lain mendapatkan pengalaman hidup bermasyarakat sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah didapatkan selama perkuliahan. Selain itu, dengan KKN ini mahasiswa dapat lebih memahami kehidupan nyata yang penuh dengan pengorbanan sehingga dapat melatih kepribadian mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang ada. Kegiatan KKN-DR dilaksanakan dari tanggal 09 hingga 31 Agustus 2021. Sasaran kegiatan adalah warga Kelurahan Ujung Menteng rt 12 rw 02 Cakung, Jakarta Timur di TPQ Darul Khairat Musala Al-Muhajirin. Mahasiswa yang terjun dalam pelaksanaan KKN-DR sebanyak 2 orang yang berlatar belakang dari jurusan biologi dan jurnalistik. Program kelompok yang diadakan di TPQ Darul Khairat berjumlah 7 orang dan 2 mahasiswa KKN. Adapun kegiatannya meliputi program sosialiasasi pengenalan diri dan edukasi prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan anak-anak TPQ, program layanan bimbingan belajar Baca Tulis Al-Quran (BTQ), program bimbingan tahsin dan tajwid, program bimbingan praktik wudhu dan salat, kegiatan memperingati 1 Muharram, kegiatan belajar sambil bernyanyi lagu islami, kegiatan kerja bakti di lingkungan Musala, Memperkenalkan perilaku ikhlas beramal, membuat desain kartu bayaran anak TPQ, program implementasi kegiatan kebiologian, program implementasi kegiatan jurnalistik, kegiatan memperingati hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus) dan evaluasi kegiatan setiap 1 minggu sekali. Secara keseluruhan program yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Meskipun, terdapat beberapa kendala, salah satunya pembelajaran kurang efektif dikarenakan anak-anak masih kurang fokus dalam belajar sehingga lebih menyukai bermain. Akan tetapi, dapat diberikan solusi dengan meminimalisir metode pembelajaran seefektif mungkin.
Referensi
Amin, Alfauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.
De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.
Bukhari. 2008. Desain Dakwah Untuk Pembinan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman XII (2)
Gunarsa, Singgih D. 1992. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Karlina, dkk. 2017. kinerja guru taman pendidikan Al-Quran (TPQ) dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran Khairul Anam Jalan Teratai Indah Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu, IAIN Bengkulu
Rohmad, Ali. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Wiyani, Novan Andy. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Paryati Sudarman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.