Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Gerak dan Lagu
Kata Kunci:
Kosakata, Sekolah Dasar, Bahasa InggrisAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa ingris anak melalui gerak dan lagu secara kalsikal di RW 15 Kelurahan Margasari Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meniadakan mata pelajaran bahasa Inggris untuk anak Sekolah Dasar. Peniadaan mata pelajaran bahasa Inggris ini dilakukan secara bertahap yang diakhiri pada tahun 2016/2017.Ketua dewan Pers Muhammad Nuh menegaskan bahwa sejak awal pada kurikulum 2013 memang tidak ada pelajaran wajib Bahasa Inggris. Dengan kebijakan ini tidak ada lagi sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pendidikan sehari-hari. Hal ini berdampak kepaada kehawatiran orang tua dan kami selaku mahasiswa KKN ingin membantu memfasilitasi anak-anak sekolah Dasar disini mengenal setidaknya dasar-dasar kosakata Bahasa Inggris untuk mempersiapkan mereka mempelajari Baahasa Ingrris di jenjang berikutnya atau SMP, dengan menggunaka klasikal method. Hasil penelitian ini anak-anak mampu melaksanakan kegiatan ini dengan sangat antusias.
Referensi
Futri, Andi. 2019 ,Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak, Maksar : Universitas Negri Makasar
Aisyah, Siti dkk. 2009. Perkembangan dan Kosep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Alqahtani, Mofareh. 2015. The Importance Of Vocabulary In Language Learning And How To Be Taught (online). Vol. 3 No. 3 Page. 21-34
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azizah, Fathia Noor. Tanpa tahun. Pemerolehan Kosakata Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Kelompok Bermain Inklusif Anak Ceria Universitas Airlangga (online). Vol. 1 No. 3 Page 63,
Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Rahmi, Tetty dkk. 2010. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka
Santoso Didik, Ginting Pirman. 2015. Bilingual Education Programs at Junior High Schools. Jakarta: Kencana
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usian Dini. Jakarta: Depdiknas
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aulia Raudoh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.