Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Gerak dan Lagu

Penulis

  • Aulia Raudoh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizka Kamilia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Roel Dzikstra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Didin Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kosakata, Sekolah Dasar, Bahasa Inggris

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa ingris anak melalui gerak dan lagu secara kalsikal di RW 15 Kelurahan Margasari Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meniadakan mata pelajaran bahasa Inggris  untuk anak Sekolah Dasar. Peniadaan mata pelajaran bahasa Inggris ini dilakukan secara bertahap yang diakhiri pada tahun 2016/2017.Ketua dewan Pers Muhammad Nuh menegaskan bahwa sejak awal pada kurikulum 2013 memang tidak ada pelajaran wajib Bahasa Inggris. Dengan kebijakan ini tidak ada lagi sekolah  yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pendidikan sehari-hari. Hal ini berdampak kepaada kehawatiran  orang tua dan kami selaku mahasiswa KKN ingin membantu memfasilitasi anak-anak sekolah Dasar disini mengenal setidaknya dasar-dasar kosakata Bahasa Inggris untuk mempersiapkan mereka mempelajari Baahasa Ingrris di jenjang berikutnya atau SMP, dengan menggunaka klasikal method. Hasil penelitian ini anak-anak mampu melaksanakan kegiatan ini dengan  sangat antusias.

Referensi

Futri, Andi. 2019 ,Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak, Maksar : Universitas Negri Makasar

Aisyah, Siti dkk. 2009. Perkembangan dan Kosep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Alqahtani, Mofareh. 2015. The Importance Of Vocabulary In Language Learning And How To Be Taught (online). Vol. 3 No. 3 Page. 21-34

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Azizah, Fathia Noor. Tanpa tahun. Pemerolehan Kosakata Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Kelompok Bermain Inklusif Anak Ceria Universitas Airlangga (online). Vol. 1 No. 3 Page 63,

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Rahmi, Tetty dkk. 2010. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka

Santoso Didik, Ginting Pirman. 2015. Bilingual Education Programs at Junior High Schools. Jakarta: Kencana

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usian Dini. Jakarta: Depdiknas

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Raudoh, A. ., Kamilia, R. ., Dzikstra, R. ., & Komarudin, D. . (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Gerak dan Lagu . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 82–97. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/623

Terbitan

Bagian

Articles