Optimalisasi Identitas UMKM di Desa Wangunharja melalui Desain Logo: Studi Kasus pada CV. Barokah
Kata Kunci:
Optimalisasi, UMKM, Desain LogoAbstrak
Dalam konteks bisnis, khususnya di Indonesia, salah satu rintangan besar yang menghadang adalah ketatnya kompetisi atau rivalitas pemasaran produk, di mana industry-industri dengan produk dengan standar kualitas tertentu memainkan peran yang signifikan. Minimnya keterampilan dari pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam meningkatkan karakteristik dan kualitas produk menjadi akar persoalan ini. UMKM dapat meningkatkan angka penjualan dan mendorong minat konsumen dengan menciptakan merek yang kuat. Ini dapat dilakukan dengan mengembangkan pemasaran secara daring, memanfaatkan hadirnya Instagram ataupun media sosial lainnya, dan menggunakan logo yang memiliki makna khusus. Pencitraan merek yang baik dapat membuat UMKM lebih dikenal oleh masyarakat luas, sehingga pelaku usaha dapat mempunyai kerakteristik atas usaha mereka tersendiri, dan produk mereka dapat dikenal lebih luas oleh target pasar dari UMKM tersebut. Oleh karena itu, logo memainkan peran yang sangat penting dalam upaya pencitraan merek UMKM. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partisipatory Action Research (PAR), dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa KKN mengadakan training desain logo dan tata cara pengemasan yang baik. Hasilnya, UMKM di Desa Wangunharja, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, yang awalnya memiliki kemasan produk yang kurang memikat, kini telah mengembangkan kemasan yang lebih memikat.
Referensi
Etty Zuliawati Zed, Dkk. Pentingnya Logo/Brand Dalam Membangun Branding Pada Umkm di Cikarang Utara. Jurnal Inovasi Global. Vol. 2, No. 3, Maret 2024
Zahrotul Muafidah, Dkk. Optimalisasi produk UMKM melalui pelatihan desain logo dan kemasan di Desa Kalijambe Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1), 2024.
Maimunah, Rahmayanti, D., & Kurniawan, H. (2024). Analys of Economic Growth on Java Island. Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 11(1), 61-73).
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097–1103
Suwandi, Andreas, Susanti, Susanti, & Nisrina, Nisrina. (2023). Pengembangan Logo pada Produk sebagai branding UMKM di Desa Wisata Kertarahayu. Journal of Tourism and Creativity, 7(2), 108–112.
Utomo, Ichsan Widi. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 8(1).
Wahdaniah, Infra, Toni, Ahmad, & Ritonga, Rajab. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67–74.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hamzah Akmal, Lusi Amarawati, Samsudin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

