KKN Sisdamas: Membangun Kesadaran Siswa dan Siswi MI Cikoneng 2 Tentang pentingnya Empati Melalui Seminar Stop Bullying
Kata Kunci:
Bulliying, Sekolah Dasar, Pencegahan BullyingAbstrak
Bullying selalu terjadi dimana dan kapan saja, termasuk di lingkungan sekolah dasar. Pada usia ini, anak-anak sering kali belum sepenuhnya memahami dampah dari tindakan mereka, sehingga perilaku seperti mengejek, mengucilkan, atau bahkan melakukan kekerasan fisik terhadap teman sekelas bisa saja terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dasar, memahami faktor-faktor penyebabnya, serta mengembangkan strategi pencegahan yang efektif. jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Upaya pencegahan dan pengurangan perundungan memerlukan pendekatan yang komprehensif. Sekolah berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif melalui pendidikan, pelatihan guru, dan pembentukan kelompok dukungan. Keluarga juga memiliki peran krusial dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak-anak. Selain itu, masyarakat perlu menciptakan lingkungan yang mendukung dan menolak segala bentuk kekerasan.
Referensi
Bete, M, N., & Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di SMA Negeri
Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan
(JIP), 8(2), 15-25.
Indriyati., Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan., & Suhendra, A. (2024). Stop Bullyig
Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan di Lingkungan Sekolah.
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119-125.
Muktiali, S., Ainulyaqin, M. H., Nugroho, D., Nenda, N., & Juariah, S. (2024). “SAY NO
TO BULLYING” Sosialisasi Anti Perundungan di SMK Armaniyah. Jurnal Pelita
Pengabdian, 2(1), 77-85.
Sihidi, I. T., & Amirudin, Z. (2022). Anti-bullying campaign at the Mambaus Sholihin
Islamic Boarding School 2 Blitar. Community Empowerment, 7(3), 434-441.
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52-
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Taufikurrahman, Naila Tresna Utami, Salsabila Azzahra, Widya Intan Tiara, Ilim Abdul Halim
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.