KKN Sisdamas: Membangun Kesadaran Siswa dan Siswi MI Cikoneng 2 Tentang pentingnya Empati Melalui Seminar Stop Bullying

Authors

  • Muhammad Taufikurrahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Naila Tresna Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widya Intan Tiara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilim Abdul Halim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bulliying, Sekolah Dasar, Pencegahan Bullying

Abstract

Bullying selalu terjadi dimana dan kapan saja, termasuk di lingkungan sekolah dasar. Pada usia ini, anak-anak sering kali belum sepenuhnya memahami dampah dari tindakan mereka, sehingga perilaku seperti mengejek, mengucilkan, atau bahkan melakukan kekerasan fisik terhadap teman sekelas bisa saja terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dasar, memahami faktor-faktor penyebabnya, serta mengembangkan strategi pencegahan yang efektif. jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Upaya pencegahan dan pengurangan perundungan memerlukan pendekatan yang komprehensif. Sekolah berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif melalui pendidikan, pelatihan guru, dan pembentukan kelompok dukungan. Keluarga juga memiliki peran krusial dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak-anak. Selain itu, masyarakat perlu menciptakan lingkungan yang mendukung dan menolak segala bentuk kekerasan.

References

Bete, M, N., & Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di SMA Negeri

Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan

(JIP), 8(2), 15-25.

Indriyati., Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan., & Suhendra, A. (2024). Stop Bullyig

Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan di Lingkungan Sekolah.

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119-125.

Muktiali, S., Ainulyaqin, M. H., Nugroho, D., Nenda, N., & Juariah, S. (2024). “SAY NO

TO BULLYING” Sosialisasi Anti Perundungan di SMK Armaniyah. Jurnal Pelita

Pengabdian, 2(1), 77-85.

Sihidi, I. T., & Amirudin, Z. (2022). Anti-bullying campaign at the Mambaus Sholihin

Islamic Boarding School 2 Blitar. Community Empowerment, 7(3), 434-441.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52-

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Taufikurrahman, M. ., Tresna Utami, N. ., Azzahra, S. ., Intan Tiara, W. ., & Abdul Halim, I. . (2024). KKN Sisdamas: Membangun Kesadaran Siswa dan Siswi MI Cikoneng 2 Tentang pentingnya Empati Melalui Seminar Stop Bullying. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(1), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5626

Issue

Section

Articles