Optimalisasi Potensi Ekonomi Masyarakat Melalui Digitalisasi Pasar Umkm di Kampung Sukamanah
Kata Kunci:
pengabdian, UMKM Digital, Pelatihan UMKMAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat Kampung Sukamanah melalui digitalisasi pasar UMKM. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan, terutama pada penggunaan media sosial dan platform online seperti Shopee untuk memasarkan produk UMKM. Dengan digitalisasi, diharapkan UMKM dapat lebih bersaing di pasar yang lebih luas serta meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan, serta keberhasilan dalam pembuatan toko online dan strategi branding produk. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sukamanah.
Referensi
Aliyah, Atsna Himmatul. 2022. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi 3 (1): 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719.
Arumsari, Nurul Rizka, Nurzahroh Lailyah, and Tina Rahayu. 2022. “Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang.” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat) 11 (1): 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610.
Hafsah, M . J. 2004. “Upaya Pengembangan Usaha, Mikro, Kecil, Dan Menengah UMKM.” Jurnal Infoskop 1 (Upaya pengembangan umkm): 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227.
Yolanda, Cindy. 2024. “Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia.” Manajemen Bisnis 2 (3): 170–86.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Satria Alwan Dewantara, Ananda Nasywa Taslimah, Selly Fadhilah Ramadhani, Nina Zakia Nurhasanah, Maman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.