Optimalisasi Potensi Ekonomi Masyarakat Melalui Digitalisasi Pasar Umkm di Kampung Sukamanah
Keywords:
pengabdian, UMKM Digital, Pelatihan UMKMAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat Kampung Sukamanah melalui digitalisasi pasar UMKM. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan, terutama pada penggunaan media sosial dan platform online seperti Shopee untuk memasarkan produk UMKM. Dengan digitalisasi, diharapkan UMKM dapat lebih bersaing di pasar yang lebih luas serta meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan, serta keberhasilan dalam pembuatan toko online dan strategi branding produk. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sukamanah.
References
Aliyah, Atsna Himmatul. 2022. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi 3 (1): 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719.
Arumsari, Nurul Rizka, Nurzahroh Lailyah, and Tina Rahayu. 2022. “Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang.” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat) 11 (1): 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610.
Hafsah, M . J. 2004. “Upaya Pengembangan Usaha, Mikro, Kecil, Dan Menengah UMKM.” Jurnal Infoskop 1 (Upaya pengembangan umkm): 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227.
Yolanda, Cindy. 2024. “Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia.” Manajemen Bisnis 2 (3): 170–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Satria Alwan Dewantara, Ananda Nasywa Taslimah, Selly Fadhilah Ramadhani, Nina Zakia Nurhasanah, Maman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.