Upaya Pemanfaatan "Bengkel Membaca" Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas 1 SDN 03 Panyadap
Kata Kunci:
Bengkel Membaca (BeCa), Literasi, SDN 03 Panyadap, Kemampuan Membaca, Program KKNAbstrak
Program Bengkel Membaca (BeCa) di SDN 03 Panyadap merupakan salah satu program kerja divisi Pendidikan kelompok KKN-Reguler Sisdamas 95. Tujuan program kerja ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 yang memiliki keterbatasan dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran BeCa dalam meningkatkan literasi membaca melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 03 Panyadap yang mengikuti program BeCa selama kegiatan KKN. Program ini melibatkan siswa dalam aktivitas membaca tambahan dengan materi buku sederhana untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata dan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa, di mana 60% siswa telah lancar membaca setelah mengikuti program ini. Namun, masih ada kendala dalam fasilitas dan ketersediaan buku yang terbatas, sehingga perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas program. Dengan BeCa diharapkan dapat terus berkembang sebagai sarana literasi yang efektif di sekolah.
Referensi
Arum, R. P., Ahmad, W., & Anam, B. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 02(02), 122–130.
Herfina, H., & Hafiar, H. (2018). Evaluasi sikap siswa terhadap perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(2), 95. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i2.12359
Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460
Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i1.110
Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 65. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.46
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Margayaningsih, D. I. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemisikinan, 9(1), 158–190. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/77/71
Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397– 1402.
Rahmatan, M. (2024). Kkn sisdamas.
Trijono, L. (2001). Strategi Pemberdayaan Komunitas Lokal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 215–235. https://jurnal.ugm.ac.id/jsp/article/view/11397
Arum, R. P., Ahmad, W., & Anam, B. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 02(02), 122–130.
Herfina, H., & Hafiar, H. (2018). Evaluasi sikap siswa terhadap perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(2), 95. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i2.12359
Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460
Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan
Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i1.110
Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 65. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.46
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Margayaningsih, D. I. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemisikinan, 9(1), 158–190. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/77/71
Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397– 1402.
Rahmatan, M. (2024). Kkn sisdamas.
Trijono, L. (2001). Strategi Pemberdayaan Komunitas Lokal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 215–235. https://jurnal.ugm.ac.id/jsp/article/view/11397
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Iqbal, Afni Novita, Lisda Khoerunnisa, Nisa Syifa Maemunah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.