Upaya Pemanfaatan "Bengkel Membaca" Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas 1 SDN 03 Panyadap

Authors

  • Muhammad Iqbal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afni Novita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lisda Khoerunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nisa Syifa Maemunah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bengkel Membaca (BeCa), Literasi, SDN 03 Panyadap, Kemampuan Membaca, Program KKN

Abstract

Program Bengkel Membaca (BeCa) di SDN 03 Panyadap merupakan salah satu program kerja divisi Pendidikan kelompok KKN-Reguler Sisdamas 95. Tujuan program kerja ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 yang memiliki keterbatasan dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran BeCa dalam meningkatkan literasi membaca melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 03 Panyadap yang mengikuti program BeCa selama kegiatan KKN. Program ini melibatkan siswa dalam aktivitas membaca tambahan dengan materi buku sederhana untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata dan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa, di mana 60% siswa telah lancar membaca setelah mengikuti program ini. Namun, masih ada kendala dalam fasilitas dan ketersediaan buku yang terbatas, sehingga perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas program. Dengan BeCa diharapkan dapat terus berkembang sebagai sarana literasi yang efektif di sekolah.

References

Arum, R. P., Ahmad, W., & Anam, B. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 02(02), 122–130.

Herfina, H., & Hafiar, H. (2018). Evaluasi sikap siswa terhadap perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(2), 95. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i2.12359

Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460

Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i1.110

Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 65. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.46

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Margayaningsih, D. I. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemisikinan, 9(1), 158–190. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/77/71

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397– 1402.

Rahmatan, M. (2024). Kkn sisdamas.

Trijono, L. (2001). Strategi Pemberdayaan Komunitas Lokal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 215–235. https://jurnal.ugm.ac.id/jsp/article/view/11397

Arum, R. P., Ahmad, W., & Anam, B. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 02(02), 122–130.

Herfina, H., & Hafiar, H. (2018). Evaluasi sikap siswa terhadap perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(2), 95. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i2.12359

Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460

Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan

Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i1.110

Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 65. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.46

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Margayaningsih, D. I. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Upaya Penanggulangan Kemisikinan, 9(1), 158–190. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/77/71

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397– 1402.

Rahmatan, M. (2024). Kkn sisdamas.

Trijono, L. (2001). Strategi Pemberdayaan Komunitas Lokal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 215–235. https://jurnal.ugm.ac.id/jsp/article/view/11397

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Muhammad Iqbal, Afni Novita, Lisda Khoerunnisa, & Nisa Syifa Maemunah. (2024). Upaya Pemanfaatan "Bengkel Membaca" Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas 1 SDN 03 Panyadap. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–14. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5112

Issue

Section

Articles