Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemasaran Gula Semut dengan Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace di Desa Cipelah
Kata Kunci:
Gula Semut, Pemasaran, Marketplace, PromosiAbstrak
Gula semut adalah olahan dari air nira yang prosesnya lebih panjang dari pembuatan gula aren. Gula semut merupakan salah satu olahan daerah di desa cipelah yang dijadikan sebagai usaha local, namun belum memiliki pemasaran yang baik sehingga produksi dan penjualannya sangat minim, di sisi lain masyarakatpun mengalami kesulitan dalam memasarkan gula semut cipelah sehingga program ini direncanakan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Tujuan pengabdian di desa cipelah ini salah satunya adalah membuat penjualan gula semut di Desa Cipelah meningkat dan gula semut Cipelah dapat dikenal oleh lingkungan di luar desa, metode yang digunakan pada program ini yaitu dengan memberikan edukasi kepada para pengerajin gula semut tentang perluasan pasar melalui marketplace, yaitu dengan membuat pasar digital pada e-commerce shopee dan konten promosi yang menarik. Selama melakukan edukasi didapat hasil yaitu telah terbentuknya marketplace shopee untuk menjual gula semut cipelah secara digital lalu konten-konten menarik yang membuat lingkungan luar desa Cipelah mengenal gula semut desa Cipelah dan membuat para pengerajin gula aren mengerti cara membuat dan mengoprasikan marketplace tersebut.
Referensi
Alix, Theresia, 2013. Penggunaan Facebook Sebagai Media Internet Marketing. Jurnal
Andryanto, S. Dian. 2021. Proses Pengolahan Gula Aren, Berbahan Dasar Air Nira dari Pohon Enau. Diakses melalui https://travel.tempo.co/read/1471972/proses-pengolahan-gula-aren-berbahan-dasar-air-nira-dari-pohon-enau
Arnida, Eli. 2019. Karakteristik Kristal Gula Semut Pada Berbagai Persentase Pengkristal Gula Kelapa dan Gula Aren Cetak. Sulawesi selatan: Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Fritantus, 2021. Yohanes, dkk. Penguatan Pemerintahan Desa Bijeli Kabupaten Timor Tengah Utara Melalui Kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1). pg.1-7.
Hidayat, Taufik. 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta : Mediakita
Rukmini, dkk. 2021. Pembinaan Kemandirian dan Pengembangan Usaha Terhadap Desa Anggur Desa Ngroto Kismantoro Wonogiri. Jurnal Budimas. 2(1). pg.77
Soesanto, L. A., Tanudjaja, B. B., & Baskoro. 2010. Perancangan Desain Kemasan Gula Aren Tradisional Produksi Desa Margolelo Rowoseneng. 1-12.
Sugiono 2013.Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Alfabeta, Bandung
Yudho, F. H. P., Taufik, M. S. & Rahadian, A. (2021). Usaha Pengembangan Mutu Produk Kolang-Kaling Khas Desa Cidadap. Reswara, 2(1), 147–154. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.875
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Fahmi Fathullah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.