Peran Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Muhajirin dalam Membentuk Karakter Generasi Muda Islami

Penulis

  • Sarah Hikmatul Awaliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Moch Rapi Rivaldi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Listya Yasfa Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saepudin Rahmatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, DTA  Al-Muhajirin, Generasi Muda Islami

Abstrak

Kemerosotan moral di masyarakat dan kompleksitas lingkungan pemerintah menyoroti pentingnya karakter pendidikan dalam dunia pendidikan saat ini. Kriminalitas, ketidakadilan, korupsi, kekerasan terhadap anak, dan pelanggaran HAM menunjukkan perubahan signifikan dalam jati diri dan karakter bangsa Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, pendidikan karakter yang lebih terintegrasi menjadi solusi yang penting. Salah satu lembaga yang berperan dalam konteks ini adalah Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Muhajirin, yang fokus pada pendidikan agama untuk membentuk karakter generasi muda Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi DTA Al-Muhajirin dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama dan pembentukan karakter generasi muda. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi dan dokumentasi untuk mendeskripsikan peran DTA Al-Muhajirin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DTA Al-Muhajirin efektif dalam mengajarkan nilai-nilai Islam dan membentuk karakter siswa melalui kurikulum yang terintegrasi serta metode pembelajaran inovatif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan dukungan dari orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan efektivitas program pendidikan agama. DTA Al-Muhajirin berfungsi sebagai pilar penting dalam membangun generasi muda yang memiliki landasan spiritual yang kuat dan siap menghadapi tantangan zaman.

Referensi

Ainiyah, Nur. 2013. “PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Vol. 13.

Ardat, A., Haidir, H., & Khairuddin, Y. M. (2022). Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam Non Formal: Studi Fenomenologi Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Fitrah: journal of Islamic education, 3(2), 209-221.

Ati, M, and Sibram Malisit. n.d. “PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI REKONSTRUKSI PEN DI DIKAN AGAMA.”

Bajuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 9, No 1.

Muhria, L., & Pd, M. (2020). Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam pembentukan mental anak yang berakhlakul karimah. Jurnal Jendela Bunda PG PAUD UMC , 8 (1), 49-51.

Rofi'ah, Nihayatur, dan Ahmad Ma'ruf. 2020. “IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM.” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1.

Rukajat, Ajat. "Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach)." Deepublish (Yogyakarta), July 18, 2018.

Shopia, Suci Noor, Khalid Ramdhani, and Ajat Rukajat. n.d. “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA MINAT PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH (DTA) MATHLAUL FALAH.”

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Sarah Hikmatul Awaliah, Moch Rapi Rivaldi, Listya Yasfa Azzahra, & Saepudin Rahmatullah. (2024). Peran Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Muhajirin dalam Membentuk Karakter Generasi Muda Islami . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–12. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4861

Terbitan

Bagian

Articles