Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa di MIS Miftahul Huda Sukamelang Melalui Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Kata Kunci:
Metode dan Media Pembelajaran, Student-Centered Learning, TeknologiAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa di MIS Miftahul Huda. Dengan menggunakan metode Student-Centered Learning (SCL), peserta didik dilibatkan secara aktif dalam perencanaan dan pelaksaan program. Permasalahan utama yang dihadapi adalah menurunnya semangat dan minat terhadap belajar serta kesadaran akan pentingnya pendidikan. Solusi yang ditawarkan meliputi pembelajaran menggunakan metode SCL dan media pembelajaran sepeti Flash Card dan video pembelajaran berbantuan teknologi. Metode pengabdian menggunakan tiga pendekatan, yaitu observasi, partisipasi aktif, dan deskriptif. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan bagi perkembangan peserta didik, terlihat dari antusiasme dan keterlibatan mereka selama kegiatan berlangsung. Program ini juga berhasil menghidupkan kembali minat mereka terhadap belajar.
Referensi
Idaqu, Hadi Rohyana. “Pendekataan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Cerita Anak Kelas V.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no.
(2021): 197–208. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3309.
Mundia Sari, Kiki, and Heru Setiawan. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam
Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 900.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Nasution; Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan
Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 1, no. 9 (2019): 9–16.
Putri, Vena A. R. & Akhwani. “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.”
Jurnal Pendidikan Tambusai 3, no. 6 (2019): 1514–19.
Repelita. “Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model PAIKEM
Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1809–18.
http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/989.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and
Universitas Komputer Indonesia. Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan, 2023.
Roosita, Bina, Dwi Putri Lestari, and Agung Setyawan. “Keterkaitan Media Interaktif
Dengan Semangat Belajar Peserta Didik The Relatinship Between Interactive
Media and The Spirit of Student Learning.” Educorio 1, no. 1 (2022): 117–22.
https://qjurnal.my.id/index.php/educurio.
Trinova, Zulvia. “PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING,” 2003,
–35.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah
Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses
Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3928–36.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 syifanurfadillah253 nurfadillah, Agung Gunawan, Asep Rahmat, Silwa siti, Syifa Nurfadillah, Herry Sutanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.