Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa di MIS Miftahul Huda Sukamelang Melalui Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Authors

  • syifanurfadillah253 nurfadillah UIN sunan gunung Djati Bandung
  • Agung Gunawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Rahmat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silwa siti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Nurfadillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Herry Sutanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Metode dan Media Pembelajaran, Student-Centered Learning, Teknologi

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa di MIS Miftahul Huda. Dengan menggunakan metode Student-Centered Learning (SCL), peserta didik dilibatkan secara aktif dalam perencanaan dan pelaksaan program. Permasalahan utama yang dihadapi adalah menurunnya semangat dan minat terhadap belajar serta kesadaran akan pentingnya pendidikan. Solusi yang ditawarkan meliputi pembelajaran menggunakan metode SCL dan media pembelajaran sepeti Flash Card dan video pembelajaran berbantuan teknologi. Metode pengabdian menggunakan tiga pendekatan, yaitu observasi, partisipasi aktif, dan deskriptif. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan bagi perkembangan peserta didik, terlihat dari antusiasme dan keterlibatan mereka selama kegiatan berlangsung. Program ini juga berhasil menghidupkan kembali minat mereka terhadap belajar.

References

Idaqu, Hadi Rohyana. “Pendekataan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Cerita Anak Kelas V.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no.

(2021): 197–208. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3309.

Mundia Sari, Kiki, and Heru Setiawan. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam

Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 900.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.

Nasution; Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan

Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 1, no. 9 (2019): 9–16.

Putri, Vena A. R. & Akhwani. “Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan.”

Jurnal Pendidikan Tambusai 3, no. 6 (2019): 1514–19.

Repelita. “Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model PAIKEM

Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1809–18.

http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/989.

Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and

Universitas Komputer Indonesia. Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan, 2023.

Roosita, Bina, Dwi Putri Lestari, and Agung Setyawan. “Keterkaitan Media Interaktif

Dengan Semangat Belajar Peserta Didik The Relatinship Between Interactive

Media and The Spirit of Student Learning.” Educorio 1, no. 1 (2022): 117–22.

https://qjurnal.my.id/index.php/educurio.

Trinova, Zulvia. “PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING,” 2003,

–35.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah

Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses

Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3928–36.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

nurfadillah, syifanurfadillah253, Gunawan, A. ., Rahmat, A., siti, S., Nurfadillah, S., & Herry Sutanto. (2025). Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa di MIS Miftahul Huda Sukamelang Melalui Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–12. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4806

Issue

Section

Articles