PEMBERDAYAAN SOSIAL BERBASIS SISTEM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (SISDAMAS) DI DESA KUMPAY
Kata Kunci:
Pemberdayaan masyarakat, Kumpay, Kuliah Kerja NyataAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 368 di Desa Kumpay dilaksanakan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui beberapa program utama yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan siswa di sekolah dasar. Program ini meliputi pembiasaan keagamaan di sekolah dasar untuk membentuk karakter spiritual yang kuat pada siswa, sosialisasi kecintaan terhadap lingkungan sebagai upaya menanamkan kesadaran ekologi sejak dini, sosialisasi hitung harga pokok untuk memberikan pemahaman dasar ekonomi kepada masyarakat, dan sosialisasi pembuatan biopori untuk mengatasi permasalahan lingkungan lokal seperti genangan air. Selain itu, program ini juga mencakup motivasi bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan semangat belajar mereka. Pendekatan-pendekatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Kumpay dalam jangka panjang, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan, lingkungan, dan ekonomi lokal.
Referensi
Marut, D. K., & Yudhistira, G. (2015). Peran Masyarakat dalam Pencapaian Millenium
Development Goals 2015 dan Tantangan Pasca 2015: Studi 8 Kabupaten
Indonesia. humaniora, 6(1), 39-50.
Hidayah, M. R. A., Isnadya, N. P., Afriani, S. H., & Marta, M. S. (2023). Pendidikan Dan
Penanaman Akhlak Pada Siswa MI Al-khoer Melalui Program Jum'at
Berkah. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(3).
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan
hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-
Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di SMK Negeri 1 Bitung. Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 1(03).
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida
Journal, 5(2), 172–182.
Suharti, N., Octavia, A., Adella, T., Widyasari, R., & Putri, H. (2022). Pemetaan Sosial
di Kecamatan Pesanggrahan Sebagai Landasan Perencanaan Pemberdayaan
Masyarakat Berkelanjutan.
Pramono, E., Budiono, A. N., & Aziz, A. (2020). Bimbingan Belajar untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan
Konseling Dan Psikologi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i1.723
Susanto, A. (2015). Bimbingan & konseling di taman kanak-kanak. Prenada Media.
Hanum, A. (2015). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Self-Efficacy Siswa Dan
Implikasinya Pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman,
Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dakwah Islam, 12 (2), 11–20
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Arifin Nurmuhammad Syarifudin, Muhamad Lutfi Alamsyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.