PEMBERDAYAAN SOSIAL BERBASIS SISTEM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (SISDAMAS) DI DESA KUMPAY

Authors

  • Arifin Nurmuhammad Syarifudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Lutfi Alamsyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan masyarakat, Kumpay, Kuliah Kerja Nyata

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 368 di Desa Kumpay dilaksanakan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui beberapa program utama yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan siswa di sekolah dasar. Program ini meliputi pembiasaan keagamaan di sekolah dasar untuk membentuk karakter spiritual yang kuat pada siswa, sosialisasi kecintaan terhadap lingkungan sebagai upaya menanamkan kesadaran ekologi sejak dini, sosialisasi hitung harga pokok untuk memberikan pemahaman dasar ekonomi kepada masyarakat, dan sosialisasi pembuatan biopori untuk mengatasi permasalahan lingkungan lokal seperti genangan air. Selain itu, program ini juga mencakup motivasi bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan semangat belajar mereka. Pendekatan-pendekatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Kumpay dalam jangka panjang, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan, lingkungan, dan ekonomi lokal.

References

Marut, D. K., & Yudhistira, G. (2015). Peran Masyarakat dalam Pencapaian Millenium

Development Goals 2015 dan Tantangan Pasca 2015: Studi 8 Kabupaten

Indonesia. humaniora, 6(1), 39-50.

Hidayah, M. R. A., Isnadya, N. P., Afriani, S. H., & Marta, M. S. (2023). Pendidikan Dan

Penanaman Akhlak Pada Siswa MI Al-khoer Melalui Program Jum'at

Berkah. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(3).

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan

hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-

Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Di SMK Negeri 1 Bitung. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 1(03).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida

Journal, 5(2), 172–182.

Suharti, N., Octavia, A., Adella, T., Widyasari, R., & Putri, H. (2022). Pemetaan Sosial

di Kecamatan Pesanggrahan Sebagai Landasan Perencanaan Pemberdayaan

Masyarakat Berkelanjutan.

Pramono, E., Budiono, A. N., & Aziz, A. (2020). Bimbingan Belajar untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan

Konseling Dan Psikologi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i1.723

Susanto, A. (2015). Bimbingan & konseling di taman kanak-kanak. Prenada Media.

Hanum, A. (2015). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Self-Efficacy Siswa Dan

Implikasinya Pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman,

Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dakwah Islam, 12 (2), 11–20

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Arifin Nurmuhammad Syarifudin, & Muhamad Lutfi Alamsyah. (2024). PEMBERDAYAAN SOSIAL BERBASIS SISTEM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (SISDAMAS) DI DESA KUMPAY. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–55. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4677

Issue

Section

Articles