Implementasi Program Bengkel Literasi dalam Meningkatkan Budaya Membaca Anak di Desa Cihanyir
Kata Kunci:
Membaca, Bengkel Literasi, Desa Cihanyir, KKNAbstrak
Kemampuan membaca sangat memengaruhi kualitas seseorang. Membaca merupakan pondasi penting dalam pengembangan kemampuan diri. Itulah mengapa budaya baca harus terus digalakkan demi terbukanya wawasan yang lebih luas dan pemikiran yang lebih kritis. Metode pengabdian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Metode ini menggunakan pendekatan penelitian yang berfokus pada kolaborasi antara peneliti dan masyarakat yang menjadi subjek penelitian. Tujuan dari pengabdian ini ialah untuk mengabdikan diri pada Masyarakat, dengan memberi mereka fasilitas semacam perpustakaan demi meningkatkan minat baca dari masyarakat Desa Cihanyir. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan observasi lapangan, kerja sama dan penyediaan fasilitas, penyediaan buku bacaan, persiapan tempat dan penyusunan buku, hingga ke peresmian program Bengkel Literasi untuk Desa Cihanyir. Pemberdayaan masyarakat melalui Bengkel Literasi merupakan langkah awal yang krusial untuk mempermudah akses terhadap pengetahuan serta mengoptimalkan upaya dalam membangun daya baca masyarakat setempat. Melalui program pemberdayaan masyarakat yang diimplementasikan dengan mendirikan Bengkel Literasi, diharapkan anak-anak dapat merasakan berbagai manfaat yang signifikan. Diharapkan Bengkel Literasi bukan hanya sebatas menjadi program, melainkan menjadi sebermanfaat-manfaatnya tempat bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kualitas diri.
Referensi
Abidin, J., Ilmi, I., Ubaidillah, D. S., Sari, R. I., Afandi, I., Faslah, D., Mutmainah, Imam, I. K., Nuria, F. S., & Yunita, R. (2023). Pembuatan Taman Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca di Desa Cikakar. BELALEK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Journal of Community Services), 1(2), 73–80.
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 01(01), 1–12.
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. DISASTRA, 1(1), 66–70.
Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 13(1), 80–89.
Khoerunnisa, D. A., Aulina, F., Syakinah, M. M., & Mardiansyah, Y. (2024). Upaya Peningkatan Minat Bakat dan Budaya Literasi Melalui Pengembangan Pojok Baca di SDN Budiharja. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 4(7), 105–114.
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wirda Humaira Yahya, Moch Regia Assidiq Hidayat, Niken Ananda, Muhamad Rizwan Suteja
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.