Penerapan Pendampingan Kelompok Belajar untuk Mengatasi Kendala Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Raynanda Islami Putra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agung Purnama Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

covid-19, pembelajaran jarak jauh, program

Abstrak

Pandemi covid-19 mengakibatkan berbagai bidang ikut terkena dampaknya, salah satunya juga pada bidang Pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat terdampak dengan adanya wabah Covid-19 ini. Pemerintah dan tenaga pendidik berusaha semaksimal mungkin agar pendidikan bisa berjalan dengan baik walaupun dengan keadaan pandemi seperti ini. Pada masa pandemi Covid-19 ini pemerintah menetapkan Pendidikan Jarak Jauh. Pembelajaran jarak jauh adalah upaya agar pembelajaran bisa dijalankan dengan baik walaupun menggunakan sistem yang berbeda. Dengan dilaksanakannnya pembelajaran jarak jauh membuat guru dituntut untuk dapat lebih menguasai teknologi dan kreatif dalam mendesain pembelajaran jarak jauh ini agar selalu dapat berjalan secara efektif. Namun dalam pembelajaran jarak jauh ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan dalam pelaksaannya. Dengan demikian pembelajaran jarak jauh ini diterapkan demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. KKN-DR SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati memberikan program yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh siswa dengan cara melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu pendampingan belajar di rumah

Referensi

Agus Purwanto, dkk.2020.Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.Jurnal of Education Psychology and Cunseling.2(1):2716-4446.

Empat Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menerapkan E-Learning http://www.wantiknas.go.id/id/berita/empat-kelebihan-dan-kekurangan-dalam-menerapkan-e-learning

Peran Orangtua Dampingi Anak Ikut Pembelajaran Daring https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/16/122946871/3-peran-orangtua-dampingi-anak-ikut-pembelajaran-daring

Keuntungan & Kekurangan dari Belajar Online By STUDiLMU Editor https://www.studilmu.com/blogs/details/keuntungan-kekurangan-dari-belajar-online

Agustino, L. (2020, August 24). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.68

Ahidin, U. (2020). Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama. Google Scholar

Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. https://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2 067

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. Google Scholar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-08

Cara Mengutip

Putra, R. I., & Purnama, A. (2021). Penerapan Pendampingan Kelompok Belajar untuk Mengatasi Kendala Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(32), 124–131. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/442

Terbitan

Bagian

Articles