Penerapan Pendampingan Kelompok Belajar untuk Mengatasi Kendala Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
covid-19, pembelajaran jarak jauh, programAbstract
Pandemi covid-19 mengakibatkan berbagai bidang ikut terkena dampaknya, salah satunya juga pada bidang Pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat terdampak dengan adanya wabah Covid-19 ini. Pemerintah dan tenaga pendidik berusaha semaksimal mungkin agar pendidikan bisa berjalan dengan baik walaupun dengan keadaan pandemi seperti ini. Pada masa pandemi Covid-19 ini pemerintah menetapkan Pendidikan Jarak Jauh. Pembelajaran jarak jauh adalah upaya agar pembelajaran bisa dijalankan dengan baik walaupun menggunakan sistem yang berbeda. Dengan dilaksanakannnya pembelajaran jarak jauh membuat guru dituntut untuk dapat lebih menguasai teknologi dan kreatif dalam mendesain pembelajaran jarak jauh ini agar selalu dapat berjalan secara efektif. Namun dalam pembelajaran jarak jauh ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan dalam pelaksaannya. Dengan demikian pembelajaran jarak jauh ini diterapkan demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. KKN-DR SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati memberikan program yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh siswa dengan cara melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu pendampingan belajar di rumah
References
Agus Purwanto, dkk.2020.Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.Jurnal of Education Psychology and Cunseling.2(1):2716-4446.
Empat Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menerapkan E-Learning http://www.wantiknas.go.id/id/berita/empat-kelebihan-dan-kekurangan-dalam-menerapkan-e-learning
Peran Orangtua Dampingi Anak Ikut Pembelajaran Daring https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/16/122946871/3-peran-orangtua-dampingi-anak-ikut-pembelajaran-daring
Keuntungan & Kekurangan dari Belajar Online By STUDiLMU Editor https://www.studilmu.com/blogs/details/keuntungan-kekurangan-dari-belajar-online
Agustino, L. (2020, August 24). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.68
Ahidin, U. (2020). Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama. Google Scholar
Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. https://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2 067
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. Google Scholar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Raynanda Islami Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.