Edukasi Penggunaan Gadget untuk Meningkatkan Literasi Digital
Kata Kunci:
gadget, literasi, edukasiAbstrak
Di era modern ini, dunia mengalami perkembangan pada berbagai bidang, salah satunya ialah bidang teknologi. Contoh dari perkembangan teknologi yakni dengan adanya gadget. Tentunya, anak-anak zaman sekarang sudah mengenal dan mahir menggunakan handphone. Permasalahan yang diangkat hingga terwujudnya sebuah program kerja dalam hal ini mengenai edukasi penggunaan gadget untuk meningkatkan literas digital pada siswa MTS Nurul Huda. Dengan kecanggihan yang ada, membuat kita seringkali lalai terhadap waktu karena asyik berkutat dengan gadget. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah menyelenggarakan penyuluhan tentang penggunaan gadget yang baik demi meningkatkan literasi digital kepada siswa-siswi MTs. Nurul Huda Karanganyar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Para siswa diberikan pengetahuan tentang aplikasi yang bernama iPusnas dan Candil sebagai alternatif sumber belajar untuk meningkatkan literasi yang diakses secara online melalui gadget. Kedua aplikasi menyediakan buku elektronik yang menarik tanpa membeli dipungut biaya. Kegiatan ini memanfaatkan aplikasi perpustakaan digital, sehingga siswa merasa tertarik untuk membaca dan meningkatkan minat literasinya. Disimpulkan bahwa siswa-siswi MTs tersebut dapat mengetahui dampak baik dan buruknya penggunaan gadget sehingga mereka bisa memiliki batas dan terhindar dari kecanduan gadget yang berlebihan.
Referensi
Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). 21-28. Diperoleh dari https://core.ac.uk/download/pdf/228882834.pdf
Nugroho, Wilda Agung. 2022. Pemanfaatan Media Aplikasi iPusnas Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Dasar 2. Vol 2. http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v5i1.5564
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Adzra Hanifah Nabila, Hilma Sayyieda Jasmine, Lisa, Erlan Aditya Ardiansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.