UPAYA MAHASISWA KKN DALAM MEMBENTUK PERILAKU NORMATIF ANAK-ANAK MADRASAH BAITURRAHMAN RW 04 DI DESA MEKARMUKTI
Kata Kunci:
normativme, perilaku, pendidikan, sikapAbstrak
Dalam penelitian yang dilakukan selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata SISDAMAS Moderasi Beragama pada tanggal 17 Juli 2023 sampai 19 Agustus 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan Madrasah dan observasi partisipatif di lingkungan Madrasah dan Desa Mekarmukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan dalam membentuk perilaku normatif pada anak-anak Madrasah RW 04. Upaya tersebut melibatkan peran guru, orangtua, dan masyarakat setempat. Guru-guru Madrasah memainkan peran kunci dalam memberikan pendidikan agama dan moral kepada anak-anak, sementara orangtua memiliki peran penting dalam memberikan teladan dan mendukung pembentukan perilaku normatif. Selain itu, masyarakat desa juga turut berperan dalam memfasilitasi norma-norma sosial yang positif. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam upaya membentuk perilaku normatif, seperti kurangnya sumber daya dan fasilitas pendidikan yang memadai, serta tantangan-tantangan sosial eksternal yang memengaruhi anak-anak Madrasah. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif yang lebih besar antara guru, orangtua, dan masyarakat desa untuk memastikan pembentukan perilaku normatif yang kokoh pada anak-anak Madrasah RW 04 di Desa Mekarmukti. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga normative, perilaku, pendidikan,dan sikap.
Referensi
Damon., W. (1988). The Moral Child: Nurturing Children's Natural Moral Growth. the
University of Michigan: Free Press.
Gardner, B. (2015). Defining and measuring the habit impulse: Response to
commentaries. Health Psychology Review, 9(3), 318–322.
Gauvain, R. D. (2019). Social Development. John Wiley & Sons.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasinya. Alfabeta.
Indonesia, K. B. B., & Ketiga, E. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional. Jakarta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Imamah, H. (2017). Identifikasi penanganan Anak dengan Perkembangan Non
Normatif. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam , 2(2),98-107.
Lickona, T. ( 1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect
and Responsibility. Bantam Books
Narvaez, L. P. (2016). Handbook pendidikan moral dan karakter. bandung: Nusa
Media.
Nata, A. (2009). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. PT. Raja Grafindo
Persada.
Prakoso, G. D. (2017). Analisis pengaruh sikap, kontrol perilaku, dan norma subjektif
terhadap perilaku safety. jurnal promkes, 5(2), 193-204
Sa’odah, C. R. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NORMA DALAM
PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 118-119.
Tas’adi, R. (2014). PENTINGNYA ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Ta’dib, Volume 17,
No. 2 , 191,192,194
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Hasanah, Ilham Abdurohman, Saparudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.