UPAYA MAHASISWA KKN DALAM MEMBENTUK PERILAKU NORMATIF ANAK-ANAK MADRASAH BAITURRAHMAN RW 04 DI DESA MEKARMUKTI

Penulis

  • Siti Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilham Abdurohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saparudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

normativme, perilaku, pendidikan, sikap

Abstrak

Dalam penelitian yang dilakukan selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata SISDAMAS Moderasi Beragama pada tanggal 17 Juli 2023 sampai 19 Agustus 2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan Madrasah dan observasi partisipatif di lingkungan Madrasah dan Desa Mekarmukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan dalam membentuk perilaku normatif pada anak-anak Madrasah RW 04. Upaya tersebut melibatkan peran guru, orangtua, dan masyarakat setempat. Guru-guru Madrasah memainkan peran kunci dalam memberikan pendidikan agama dan moral kepada anak-anak, sementara orangtua memiliki peran penting dalam memberikan teladan dan mendukung pembentukan perilaku normatif. Selain itu, masyarakat desa juga turut berperan dalam memfasilitasi norma-norma sosial yang positif. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam upaya membentuk perilaku normatif, seperti kurangnya sumber daya dan fasilitas pendidikan yang memadai, serta tantangan-tantangan sosial eksternal yang memengaruhi anak-anak Madrasah. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif yang lebih besar antara guru, orangtua, dan masyarakat desa untuk memastikan pembentukan perilaku normatif yang kokoh pada anak-anak Madrasah RW 04 di Desa Mekarmukti. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga normative, perilaku, pendidikan,dan sikap.

Referensi

Damon., W. (1988). The Moral Child: Nurturing Children's Natural Moral Growth. the

University of Michigan: Free Press.

Gardner, B. (2015). Defining and measuring the habit impulse: Response to

commentaries. Health Psychology Review, 9(3), 318–322.

Gauvain, R. D. (2019). Social Development. John Wiley & Sons.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasinya. Alfabeta.

Indonesia, K. B. B., & Ketiga, E. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional. Jakarta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Imamah, H. (2017). Identifikasi penanganan Anak dengan Perkembangan Non

Normatif. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam , 2(2),98-107.

Lickona, T. ( 1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect

and Responsibility. Bantam Books

Narvaez, L. P. (2016). Handbook pendidikan moral dan karakter. bandung: Nusa

Media.

Nata, A. (2009). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. PT. Raja Grafindo

Persada.

Prakoso, G. D. (2017). Analisis pengaruh sikap, kontrol perilaku, dan norma subjektif

terhadap perilaku safety. jurnal promkes, 5(2), 193-204

Sa’odah, C. R. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NORMA DALAM

PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 118-119.

Tas’adi, R. (2014). PENTINGNYA ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Ta’dib, Volume 17,

No. 2 , 191,192,194

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Hasanah, S., Abdurohman, I. ., & Saparudin. (2023). UPAYA MAHASISWA KKN DALAM MEMBENTUK PERILAKU NORMATIF ANAK-ANAK MADRASAH BAITURRAHMAN RW 04 DI DESA MEKARMUKTI. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 387–398. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2824