Pendampingan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Furqon Di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Fun learning, Pendampingan Belajar, Motivasi BelajarAbstrak
Sistem Pendidikan di Indonesia dimodifikasi untuk dapat menyesuaikan
kondisi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19, sehingga Mendikbud
membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai respon.
Dampak pada sektor ekonomi juga mempengaruhi proses belajar siswa di
rumah karena kurangnya pendampingan dari orang tua. Hal ini
menyebabkan kemunduran kualitas belajar serta menurunnya motivasi
belajar siswa di sekolah. Adapun tujuan dari artikel ini adalah
mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai sarana
penyampaian kebermanfaatan di bidang pendidikan dalam bentuk
pendampingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi
belajar serta keaktifan siswa di dalam kelas. Kegiatan ini melibatkan siswa
Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas IV, V dan VI dengan jumlah total kurang lebih
79 siswa. Metode pengabdian ini yaitu pelatihan serta pendampingan, yang
dilakukan dalam empat tahap; refleksi sosial dan pemetaan masalah,
participative planning, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Program yang
lakukan antara lain; pemberian motivasi belajar, fun learning, pendirian pojok
baca, serta edukasi literasi. Hasil evaluasi program dilihat dari semangat
belajar siswa yang berkembang terlihat dari respons keaktifan serta
antusiasme yang mempermudah pengenalan metode belajar baru. Harapan
diselenggarakannya program tersebut adalah penerapan berkelanjutan dari
kegiatan belajar Fun Learning dan program wajib baca.
Referensi
Diktis Lakukan Modifikasi KKN. 2020. Diakses dari
http://www.pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=11433#.YTVlBY4zbMU
Farber, B. A. 1991. Crisis in education: Stress and burnout in the American
teacher. San Francisco, CA: Jossey Bass Publishers
Fauziah. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson
Study di Kelas V SD Negri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Vol. 2. No. 1. 30-38
Filhayati, Leonyta Hanna. Widha Finagara. 2020. Pendampingan Belajar Bagi
Siswa SD Di Dusun Sumberejo Dalam Memacu Motivasi Belajar Di Masa Pandemi
Covid 19. Diakses dari :
Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: V (November 2021) 153 dari 153
https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3312122004_6_Desa%20_20200925_1
Keller, J.M. 1987. Development and Use of the ARCS Model of Instructional
Design. Journal of instructional development. (10)3: 2-10. Available at:
https://link.springer.com/article/ 10.1007/BF02905780
Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, Ardito. 2021. Kemendikbud Akui Pembelajaran Jarak Jauh
Menurunkan Kualitas Belajar. Diakses dari :
Rosaria, D., Novika, H. 2017. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia
Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal AlIkhlas. ISSN : 2461-0992 Volume 2 Nomor 2.
Rstandi, Dwi. 2020. Tridharma Perguruan Tinggi tidak berhenti meski pandemi
covid-19. Diakses dari: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/dirjen-dikti-tridharma-perguruan-tinggi-tidak-berhenti-meski-pandemi-covid-19/
Sardiman AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Shirom, A. 1989. Burnout in Work Organizations. In C.L. Cooper & I Robertson,
International Review of Industrial and organizational Psychology. New York: Wiley.
Sururie, R. W., Aziz, R., Muttaqin, Uriawan, W., Zulqiah, Mardiansyah, Y., &
Fridayanti. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung:
Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 24-28.
Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
ISBN: 979-421-082-X.
Tim Penyusun. (2020). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis
Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). Bandung: Lembaga Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati.
Winkel WS. 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Gramedia.
Zohar, D. 1997. Predicting burnout with a hassle-based measure of role
demands. Journal of Organizational Behavior.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pradita Aliffia Ayuningtias
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.