Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Luring di SDN Tanjungsari 02
Kata Kunci:
Efektifitas, Luring, SiswaAbstrak
Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan mengenai pembelajaran formal yang senantiasa dilakukan di sekolah dialihkan ke rumah masing-masing melalui model pembelajaran dalam jaringan (daring). Di dalam implementasinya model pembelajaran daring ini ternyata masih memiliki kekurangan karena tidak meratanya fasilitas pembelajaran yang dimiliki oleh siswa khususnya siswa kelas 6 di SDN Tanjungsari 02 sehingga menyebabkan tidak meratanya pembelajaran yang diterima ditambah dengan sering terjadinya miskomunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu, pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran melalu model pembelajaran luar jaringan (luring) dengan menggunakan metode PAR (Participation Action Research) yang digab-ungkan dengan metode kualitatif melalui pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukan peningkatan efektifitas pembelajaran yang dapat dilihat dari bertambahnya tingkat pemahaman siswa dalam menyelasaikan soal – soal yang diberikan serta bertambahnya tingkat antusisme siswa dalam menghadiri kelas.
Referensi
Afdol, A., and A. Mahruddin. 2017. “Pengaruh Media Film Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2:14–27.
Astuti. 2021. "Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19." Journal of Intergrated Elementary Education 1 (1):41-49. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7224/pdf
Dermawan, D. D., and W. Sumarni. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19.” Prosiding Seminar Nasional UNNES. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/586/504
Kembang, Lale Gadung. 2020. “Perbandingan Model Pembelajaran Luring Dengan Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI (Studi Pada Siswa Kelas VIII) MTs. Darul Ishlah Tahun Pelajaran 2019/2020.” Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram
Marzuki. 2012. “Intergating Character Education in the Teaching and Learning at School.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):33–44. https://media.neliti.com/media/publications/122370-ID-pengintegrasian-pendidikan-karakter-dala.pdf
Nurlatifah, dkk. 2021. “Efektifitas Pembelajaran Online dan Luring.” Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1):15–18. https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/2893/2262
Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 286–91. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603
Rahayu, Iif Afri. 2020. “Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto.” Purwokerto: IAIN Purwokerto
Rukin, 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kabupaten Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Shidiq, M Zainul. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Tatp Muka Terhadap Kemampuan Afektif Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Suaka Anak Negeri Jember.” Jember: Universitas Jember
Sukitman, Ahmad Trizid. 2020. “Peran Guru Pada Masa PAndemi Covid-19.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 91–95
Zuha, Kholidah. 2019. “Pengarun Pendidikan Formal dan Non Formal Terhadap Sikap Beragama Siswa di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung dan SMP Negeri 3 Blitar.” Tulungagung: IAIN Tulungagung
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Faisal Muhammad Anshori
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.