Pendampingan Belajar Bagi Siswa SDN 03 Curug dalam Meningkatkan Minat Belajar di Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Chaerunisa Maulida Fitri Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Ridlo Effendi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikakn, Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Abstrak

Metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode yang kurang menarik minat siswa sangat berpengaruh terhadap kualiatas dan pengetahuan siswa. Siswa di dalam kelas menjadi berperan kurang aktif dan pasif. Akibatnya membuat kegiatan belajar mengajar kurang efektif sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement.  Untuk pengembangan pembelajaran secara kontekstual yaitu dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Model pembelajaran ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih semangat belajar dan tidak merasa bosan, karena model pembelajaran TGT memuat adanya game/turnamen di dalam kelas yang dimana pemenang turnamen ini akan diberikan suatu penghargaan, maka peserta didik akan terpacu untuk menjadi yang terbaik. Dengan adanya turnamen yang menciptakan suasana persaingan sehat, diharapkan dapat memotivasi peserta didik sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Kegiatan pendampingan belajar ini membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam belajar yang dilihat dari perkembangan prestasi belajar siswa yang rata-rata menunjukkan perkembangan yang positif

Referensi

Hikmah, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X Di SMA UNGGUL Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi. 5(1): 46-56.

Mulyani & Eva. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Pendidikan, Kesehatan, Dan Ekonomi Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Yang Berkualitas Di Desa Sadeng Kolot. JPPM. 4(4): 421-426.

Qodim, Husnul. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat 2021. Bandung:Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Widhiastutu, R & Fachrurrozie. 2014. Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 9(1): 48-56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-10

Cara Mengutip

Fitri, C. M., & Effendi, M. R. (2022). Pendampingan Belajar Bagi Siswa SDN 03 Curug dalam Meningkatkan Minat Belajar di Masa Pandemi COVID-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(66), 24–33. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1015

Terbitan

Bagian

Articles