Peningkatan Kualitas Calistung Anak Usia Sekolah Dasar di RW. 06 Desa Ciporeat melalui Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circles Time)

Penulis

  • Dita Nur Febriani Prodi Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fannisa Wanda Salaras Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Milla Amelia Prodi Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islman Negeri Sunan Gunung Djati
  • Risanti Dwi Ariana Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Edi Mulyana Teknik Elektro, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Calistung, Pendekatan BCCT, Sekolah Dasar

Abstrak

Calistung merupakan salah satu kemampuan dasar bagi seorang individu yang terdiri dari kemampuan membaca, menulis dan berhitung, dimana sangat penting untuk memudahkan individu dalam berkomunikasi baik secara bahasa, tulisan dan angka. Namun, kualitas pendidikan di RW. 06 Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung masih terbilang masih rendah terutama pada anak usia sekolah dasar. Ditinjau dari masih minimnya kemampuan calistung anak usia sekolah dasar, maka kami memilih program calistung untuk meningkatkan kualitas kemampuan calistung anak usia sekolah dasar di RW. 06 Desa Ciporeat melalui pendekatan BCCT (Beyond Center and Circles Time). Pembelajaran yang diberikan dengan pendekatan BCCT ini yaitu dengan merangsang anak agar dapat aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan bermain. Pelaksanaan pembelajaran calistung yang dilakukan pada 26 orang anak yang berada di RW. 06 Desa Ciporeat. Dengan menggunakan pendekatan BCCT dalam peningkatan kualitas calistung diperoleh adanya peningkatan kemampuan dasar calistung anak-anak. Pada kemampuan membaca mengalami peningkatan sebanyak 44%. Pada kemampuan menulis mengalami peningkatan sebanyak 50%. Sedangkan pada kemampuan berhitung mengalami peningkatan sebanyak 42%.  Hal ini dikarenakan pendekatan BCCT mengusung konsep belajar sambil bermain, sehingga lebih memudahkan anak-anak dalam memahami dan melatih kemampuan dasar calistung.

Referensi

Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah. Singaraja: IKIP Singaraja.

Asiah, N. (2018). Pembelajaran CALISTUNG Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5(1): 19-42., 19-42.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 235 - 248.

Madika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 28 - 33.

Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta:: Pinus Book Publisher.

Palupi, E. (2007). . Pengembangan Pemahaman Konsep Calistung Melalui Metode Beyond Centers And Circles Time (BCCT) di TK Nasional KPS Balikpapan. . Balikpapan: Skripsi.

Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 14-22.

Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini. Athfaluna, 58 -63.

Rukati, E. K., & Sumayana, Y. (2016). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV Kaka Media Network.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon's Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 831 - 839.

Satria, T. G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Kelas IV Jakarta Barat. Jurnal PGSD : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 114 - 120.

Wahyuni, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT). Jurnal Kependidikan, 243-267.

Wahyuni, A. P., Suwatra, I. I., & Sudatha, I. G. (2013). Pengaruh Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circles Time) terhadap Prestasi Calistung Siswa Kelas I SD di Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-10

Cara Mengutip

Nur Febriani , D. ., Wanda Salaras , F. ., Amelia , M. ., Dwi Ariana, R. ., & Mulyana , E. . (2022). Peningkatan Kualitas Calistung Anak Usia Sekolah Dasar di RW. 06 Desa Ciporeat melalui Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circles Time). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60), 94–107. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1010

Terbitan

Bagian

Articles