PENYULUHAN STOP BULLYING SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN

Authors

  • Agisna Rahmadiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dilla Yuliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Putri Sepsarani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanda Fuziany Bunga Syamputri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathurrahman Muhammad Basyari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bulliying, Lingkungan Sekolah, Penyuluhan, Siswa

Abstract

Program Rumah Gembira yang dilaksanakan oleh kelompok KKN SISDAMAS 405 di Desa Ciater, Subang bertujuan untuk mengurangi kecanduan smartphone pada anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun melalui pengenalan permainan tradisional. Kegiatan ini terdiri dari empat siklus: sosialisasi, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif, dan pelaksanaan program, yang berhasil menarik minat anak-anak untuk berinteraksi sosial dan meningkatkan keterampilan fisik serta kognitif mereka. Selain itu, KKN SISDAMAS 405 juga mengadakan program penyuluhan mengenai pernikahan dini, yang merupakan isu serius di masyarakat, dengan fokus pada dampak negatifnya terhadap kesehatan, pendidikan dan hukum. Adapun kegiatan penyuluhan Stop Bullying di SDN Ciater bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dengan meningkatkan kesadaran siswa tentang bullying. Hasil dari berbagai kegiatan menunjukkan bahwa program-program ini tidak hanya mengurangi ketergantungan anak-anak pada smartphone, tetapi juga meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu-isu sosial penting, serta mendorong kolaborasi antara siswa, guru, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung perkembangan moral serta karakter anak. 

References

Ausrianti, R., Andayani, R. P., Putri, P. D., Oswi, D. D., & Salsabila, D. (2024). Program

“TAMAN”(Lestari Permainan Tradisional) dalam Upaya Mengurangi Kecanduan

Gadget pada Anak. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(1), 189-196.

Dewi, A. P., Hodijah, O., & Delisma, O. (2023). Pemanfaatan Permainan Tradisional di

Tengah Maraknya Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap

Siswa di SDN 231 Suka Asih Mandalajati Bandung). Midang, 1(2), 75-81.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi

orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2),

-138.

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak teknologi digital terhadap pendidikan saat

ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145-163.

Mahardiyanto, A. M. (2023). Pengadaan Taman Bermain Sebagai Upaya

MengurangiKecanduan Smartphone pada Siswa-Siswi TK dan SD di Desa

Wonokoyo Kabupaten Situbondo. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 5(2), 1-10.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial

budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Pratiwi, I., & Bachri, S. (2023). PENGENALAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL

UNTUK MENGALIHKAN KETERGANTUNGAN ANAK PADA GADGET. Jurnal

Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 3(7), 4-4.

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran:

Utilization of gadget technology as a learning media. Bitnet: Jurnal Pendidikan

Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal

Analisa Sosiologi, 3(1), 13-24.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Agisna Rahmadiani, Dilla Yuliani, Dini Rahmawati, Nabila Putri Sepsarani, Nanda Fuziany Bunga Syamputri, & Fathurrahman Muhammad Basyari. (2025). PENYULUHAN STOP BULLYING SEBAGAI MEDIA DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–35. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4943

Issue

Section

Articles