Desain Kemasan untuk Meningkatkan Nilai Tambah Tembakau sebagai Produk Unggulan di Desa Tanjungwangi
Kata Kunci:
kemasan, tembakauAbstrak
Kurangnya kesadaran masyarakat khususnya para petani tembakau di RW.01 Ds. Tanjungwangi terhadap pentingnya inovasi pada suatu produk membuat usaha yang ditekuni sulit untuk berkembang. Terlebih mengenai kurangnya inovasi dari segi pengemasan dan design pada produk tembakau membuat para petani hanya terfokus pada penjualan hasil panen tembakau yang hanya pada satu sektor saja. Hal tersebut tentu berdampak pada perekonomian para petani tembakau yang sulit berkembang dan bahkan cenderung tidak stabil karena harga jual dari produk tembakau yang didapat ditentukan oleh agen yang menampung seluruh hasil panen tembakau yang dihasilkan para petani. Oleh karena itu, peneliitian ini ditujukan untuk membantu para petani melakukan inovasi terhadap produk tembakau yang dihasilkan terutama pada segi pengemasan dan design agar hasil panen dapat di distribusikan langsung kepada gerai-gerai dalam bentuk kemasan dengan harapan harga jual dari produk tembakau tersebut lebih bernilai tinggi sehingga nilai perekonomian para petani dapat berkembang.
Referensi
Nana Herdiana Abdurrahman, Achmad Sanusi, 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung:Pustaka Setia.
Basu Swastha, 1999 Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga Yogyakarta, Liberty
Philip Kotler, 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta : PT. Indeks
Assauri, Sofjan, 1999, Manajemen Pemasaran, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Philip Kotler, 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta : PT. Indeks
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yugho Yuzakky Samitawa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.