Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini di TK/TPA Hafidhin Royan Desa Cimenyan

Penulis

  • Nabila Siti Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sidik Permana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widyo Aji Pamungkas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yumna UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Akhlak, Metode, hubungan

Abstrak

Masalah yang dihadapi di Lembaga Pendidikan TK/TPA Hafidhin Royan adalah problematika penanaman akhlak dan membentuk perilaku untuk anak usia dini ditengah keberadaan teknologi yang semakin modern. Penulis bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode penanaman akhlak serta pembentukan perilaku kepada peserta didik dengan cara yang modern. Hasil dari kegiatan menunjukan bahwa respon peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat baik. Metode yang digunakan adalah metode deksriptif, dengan menjelaskan secara rinci dan mengembarkan secara spesifik berdasarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dalam kegiatan ini menunjukan peningkatan pemahaman peserta didik terkait dengan hubungan vertikal dan horizontal seorang manusia. Saran dari kegiatan ini adalah dapat dilakukan kolaborasi aktif antara orang tua dan tenaga pendidik untuk melakukan pendampingan yang berkelanjutan sebagai upaya untuk membentuk perilaku peserta didik dengan akhlak mulia.

Referensi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan NasionaI. 2003. Bandung: Citra Umbara

Amin Zamroni. 2017. Strategi Pendidikan Pada Anak. Jurnal SAWWA, Vol 12, No 2

Conny R. Semiawan. 2017. Brain development strategies from the biological revolution to the mental revolution. Jakarta: Gramedia

Herawati. 2017. Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Vol 2, No 2

Jazariyah. 2017. Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, No. 1 (1-24)

Khomsiyatin, Nurul Iman, dan Ayok Ariyanto, 2017. Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Mangkujayan ‘Aisiyah Ponorogo”. Jurnal Educan, volume 01 nomor 02 (280-281)

Narendradewi Kusumastuti. 2017. Penanaman Nilai Moral Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol 5 No. 2 (161-175)

Putri Hana Pebriana. 2017. Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi, Vol 1, No. 2 (139-147)

Rizki Ananda. 2017.Implementasi Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, Vol 1, No. 1 (19-31)

Zulfani Sesmiarni. 2019. The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture. Jurnal Obsesi, Vol Volume 3, Nomor 2 (561-569)

Mata, Anis. 2017. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Siti Nuraeni, N. ., Permana, S. ., Aji Pamungkas, W. ., & Yumna. (2022). Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini di TK/TPA Hafidhin Royan Desa Cimenyan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 54–66. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/983

Terbitan

Bagian

Articles