Pelatihan Orang Tua Siswa dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Sederhana untuk Paud
Kata Kunci:
Alat Permainan Edukatif, Media Pembelajaran, PAUDAbstrak
Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menimbulkan beberapa kesulitan bagi para orang tua siswa khususnya pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satunya disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran berupa alat peraga atau alat permainan edukatif di rumah. Dari permasalahan tersebut dilakukanlah pelatihan kepada orang tua siswa PAUD dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana dari bahan yang mudah diperoleh serta ekonomis untuk membantu proses pembelajaran anak usia dini dalam pembelajaran daring yang di lakukan di rumah. Adapun APE yang dibuat yaitu memanfaatkan kardus bekas dan kertas origami untuk mengenalkan huruf alfabet. Pelatihan dilakukan dengan metode presentasi singkat mengenai proses pembuatan dan manfaat APE, demonstrasi penggunaan alat dan praktik yang dilakukan secara bersama-sama. Tujuannya adalah agar orang tua siswa dapat lebih mudah mendampingi anak mereka dalam proses pembelajaran dengan lebih menyenangkan menggunakan APE yang telah dibuat. Hasil dari pelatihan ini orang tua siswa mampu membuat serta mengkreasikan APE Sederhana yang dibuat serta para siswa juga menjadi lebih antusias untuk belajar mengenal huruf menggunakan APE.
Referensi
Budiyono, A. 2019. Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sains Bagi Guru Paud. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 34-37.
Christianna, A. 2013. Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se-Siwalankerto Surabaya. Journal of Service Learning, 1, 7-13.
Hendratno, J. 2019. Permainan Edukatif Pengenalan Angka, Bentuk, Huruf, dan Warna untuk Balita dalam Mengoftimalkan Perkembangan Motorik.
Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Retrieved September 4, 2021, from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Maharisa, E. 2018. Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah.
Mintorogo, J. M. (n.d.). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Huruf Alphabet Berbasis Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia 2-4 Tahun.
Nurdin. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697.
Sahjat, S. 2019. Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Playdough Sebagai Sumber Belajar. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 17.
Susilowati1, E. 2020. Pendampingan Bunda PAUD Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangung Datar. Jurnal SOLMA, 9, 131-142.
Wardani, A. 2021. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Apianti Setia Dewi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.