Analisis Komparasi Kebutuhan dan Optimalisasi Potensi Permasalahan Sosial dan Pendidikan di Beberapa Wilayah Desa

Penulis

  • Arif Budianti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cantika Salsabila Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dendi Farid P program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gita Noviana Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Naufal Azhar Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Sumpena UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Masyarakat, Pengabdian, Program Prioritas

Abstrak

Sesuai dengan landasan yudiris pengabdian kepada masyarakat, landasan sosiologis serta filosofis KKN DR Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat)  (Tim Ahli KKN DR, 2021), maka menjadi kewajiban seorang mahasiswa untuk melaksanakan tugasnya mengabdi kepada masyarakat. Tujuan dari KKN DR Sisdamas ini ialah wujud implementasi dari apa yang telah didapat oleh mahasiswa pada masa perkuliahannya namun dibatasi oleh perubahan sosial akibat pandemi. Selain itu penulis juga memiliki tujuan lain, yaitu mengidentifikasi serta mengkomparasi kondisi dari beberapa wilayah yang berbeda, mengingat artikel ini ditulis oleh 5 orang yang berkegiatan KKN dari tempat tinggalnya masing-masing. Karenanya, metode KKN yang digunakanpun ialah pemberdayaan kepada masyarakat, sedangkan metode penulisan artikelnya berupa analisis komparatif. Hasilnya diketahui bahwa meskipun secara umum permasalahan yang dimiliki tiap wilayah itu sama, seperti permasalahan ekonomi, kesehatan, sosisal dan pendidikan, namun karena situasi dan kondisi, seperti masalah, kebutuhan, dan potensinya berbeda-beda, maka pendekatan serta program yang diberikan kepada tiap wilayahpun tentu berbeda. Tiap masyarakat di masing-masing wilayah merasa puas dan terbantu dengan adanya kegiatan KKN ini, karena mahasiswa tidak membawa program khusus, melainkan program ditentukan dari hasil refleksi sosial.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Budianti, A., Salsabila, C., P, D. F., Noviana, G. ., Azhar, M. N. ., & Sumpena, D. (2022). Analisis Komparasi Kebutuhan dan Optimalisasi Potensi Permasalahan Sosial dan Pendidikan di Beberapa Wilayah Desa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/976

Terbitan

Bagian

Articles