Pemberdayaan Pendidikan Berbasis Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Penulis

  • Diki Ramdani Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuyun Yuningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar, Pemberdayaan, Pendidikan

Abstrak

Ditengah kondisi pandemi yang masih belum membaik di Indonesia khususnya daerah yang masih tergolong pada zona merah seperti Jawa Barat, membuat beberapa permasalahan di tengah masyarakat, seperti di bidang pendidikan, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring menjadikannya tidak terlalu efektif dan menjadikan waktu luang yang di dapat oleh siswa menjadi tidak produktif yang dapat mengarah pada kondisi terjadinya kemunduran secara akademis dan masalah peran ganda yang di hadapi orang tua. Selain itu, peran modernisasi berimbas pula pada berkurangnya siswa sekolah dasar dalam mengenali dan mempelajari budaya daerah sendiri. Berawal dari fenomena tersebut program pemberdayaan berupa bimbingan belajar untuk siswa usia sekolah dasar hadir sebagai suatu solusi yang diterapkan di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah metode Participatory Action Research (PAR) yang dimulai dari refleksi sosial hingga evaluasi. Dari kegiatan tersebut didapatkan hasil berupa perubahan yang dialami peserta bimbingan belajar dalam mengerjakan tugasnya menjadi lebih mudah, peran ganda orangtua yang sebelumnya menjadi masalah tersendiri karena harus menjelaskan tugas yang diberikan sekolah kepada anak menjadi berkurang serta nilai budaya dan muatan lokal yang berhasil diinternalisasikan kepada peserta bimbingan belajar yang sebelumnya tergerus oleh modernisasi.

Referensi

Dewi Pratiwi, Wahyu. (2021). ‘Dinamika Learning Loss: Guru dan Orang Tua’. Jurnal Edukasi Nonformal I(2).

Dibrata, R.A. Dana. (2009). Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Dukcapil Kemendagri. Distribusi Penduduk Indonesia per Juni 2021, Jabar terbanyak, Kaltara paling sedikit. https://dukcapil.kemendagri.go.id/ diakses pada 03 Agustus 2021, pukul 20.00 WIB

Jamaludin, Adon Nasrullah. (2016). Sosiologi Pembangunan. Bandung: Pustaka Setia

Soedjiwo, Novena A. Fredyarini. (2019). ‘Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. IV(8)

Soepandi, A dan Umsari, OS. (1985). Kakawihan barudak Nyanyian Anak-Anak Sunda. Bandung: Depdikbud Dirjen Kebudayaan Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara

Stefin, dkk. (2017). ‘Peran Ganda Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Allude Kecamatan Kolongan Kabupaten Talaud’. E-Journal Acta Diuna VI(2)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Ramdani, D. ., & Yuningsih, Y. . (2022). Pemberdayaan Pendidikan Berbasis Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/967

Terbitan

Bagian

Articles