Optimalisasi Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi di Kelurahan Pasir Endah Kota Bandung

Penulis

  • Adjeng Putri Marrika Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agustina Riska Eka Saputri Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayu Maesaroh Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reka Nisa Program Studi Hukum Pidana Islam, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salwa Tri Ulfiah Program Studi Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Ilmia Program Studi Ekonomi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN-DR, Pandemi, Pendidikan

Abstrak

Selama masa pandemi covid-19, sistem pembelajaran di sekolah beralih menjadi pembelajaran jarak jauh, hal itu membuat pendidikan di Kota Bandung menjadi kurang optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan pengabdian pada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN. Tema KKN-DR SISDAMAS kelompok 7 ialah “Tebarkan semangat, sebarkan manfaat”. Salah satu program yang dilaksanakan guna mengoptimalkan pendidikan pada masa pandemi ialah dengan mengadakan bimbingan atau kelompok belajar dari tingkat PAUD, TK, dan SD yang tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Metode yang digunakan ialah metode pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil evaluasi dengan melakukan wawancara kepada orang tua siswa dan melihat progress anak-anak terdapat perbedaan yang mengarah lebih baik antara sebelum dan sesudah dilaksanakannya program dari bidang Pendidikan kelompok 7 KKN-DR SISDAMAS.

Referensi

Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies, 10(3), 16. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16

Amir, F. R., & Nasution, S. A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Pendidikan, Agama, Sosial, Ekonomi, Dan Kesehatan. Qardhul Hasan: Media pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 61-73.

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 1-11.

Nurmayasari, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi, Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Yang Berkualitas di Desa Sadeng Kolot. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4 (4), 421-426.

Onyema, E. M. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12

Putra, I. M. D. C., & Yuhari, M. R. A. T. W. (2020). Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. SEGARA WIDYA Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 78–83.

Rosidah. (2021). Edukasi Di Era Covid-19 Melalui Program KKN-DR IAIN Jember untuk Mewujudkan Desa Karangkedawung Cerdas Dan Sehat Rosidah Fakultas Syariah , Institut Agama Islam Negeri Jember Hafidz Hasyim Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember PENDAHULUAN Corona. 1, 47–58.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Marrika, A. P. ., Saputri, A. R. E. ., Maesaroh, A. ., Nisa, R., Ulfiah, S. T., & Ilmia, A. (2022). Optimalisasi Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi di Kelurahan Pasir Endah Kota Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/951

Terbitan

Bagian

Articles